dc.description.abstract | Nurhayati, 2022. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Sekolah Dasar (SD) Usia 7-8 Tahun di Tenaggarong. Tesis Program Strudi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Pascasarjana UINSI Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr.H.Kusasih, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya sosial emosional anak usia 7-8 tahun, sebab kemampuan sosial emsoisonal adalah kemampuan individu yang memiliki kepekaan ketika berinterakasi dengan orang lain baik dengan guru, orang tuam teman sebaya, maupun individu lain yang ada di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan perkembangan sosial emosional anak usia 7-8 tahun pada SD di Tenggarong, (2) untuk mendkripsikan strategi guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 7-8 tahun pada SD di Tenggarong, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 7-8 tahun pada SD di Tenggarong. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawanara dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi,. Serta sebagai pengujian keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini yatu (1) Perkembangan sosial emosional anak usia 7-8 tahun pada SD di Teanggarong pada semester II, sebagian besar anak sudah sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia 7-8 tahun. | en_US |