Implementasi Program PAUD Holistik Integratif di TK Kota Bontang
Abstract
ABSTRAK
Sri Margini, 2022, “Implementasi Program PAUD Holistik Integratif di TK Kota Bontang”. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya lembaga yang belum melaksanakan program PAUD Holistik Integratif di TK kota Bontang serta rendahnya pengetahuan tentang pendidikan anak usia dini holistic integratif terhadap guru, pengelola, kepala sekolah maupun pengasuh-pengasuh di Taman Penitipan Anak sehingga layanan pendidikan secara menyeluruh belum teraplikasi pada satuan PAUD dan kurangnya kerjasama antara lembaga dengan stakeholder yang terkait. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi program PAUD Holistik Integratif di TK Kota Bontang dan untuk mendeskripsikan factor penghambat dan pendukung pelaksanaan implementasi program PAUD Holistik Integratif di TK Kota Bontang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah yang ada di sekolah dan perwakilan dari orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Implementasi program PAUD holistik Integratif telah dilaksanakan pada ke tiga situs penelitian yaitu TK Yayasan Pupuk kaltim, TK Yabis dan TK Qurrata A’yun kota Bontang. Untuk program Rangsangan pendidikan dilakukan dengan metode pembelajaran yang menyenangkan, belajar sambil bermain, bernyanyi, bermain, bertepuk, Tanya jawab terbuka semua dilakukan dengan menyenangkan, pembelajaran berpusat pada anak sehingga anak dapat memilih kegiatan yang disukai dan diminati sesuai karakteristiknya, sedangkan program pengasuhan dilakukan dengan penuh kasih sayang, memotivasi tanpa ada kekerasan dan menyakiti. Program kesehatan dan gizi dilaksanakan ada yang setiap hari seperti gosok gigi dan makanan sehat, ada yang setiap bulan seperti penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan ada yang persemester seperti pemeriksaan kesehatan mata, telingan, gigi dan stimulasi tumbuh kembang anak. Untuk program perlindungan dilakukan setiap saat mulai anak masuk halaman sekolah sampai mereka pulang. (2) Faktor penghambat implemntasi program PAUD Holistik Integratif di TK Kota Bontang ini adalah adanya jadwal yang bersamaan dengan program yayasan yang secara tiba-tiba, orang tua yang kurang peduli dengan kebutuhan anak disekolah dan anak yang sering tidak masuk sekolah yang menyebabkan program PAUD Holistik Integratif mengalami hambatan.