Show simple item record

dc.contributor.authorKhafifah, Fatia
dc.date.accessioned2023-06-14T02:07:55Z
dc.date.available2023-06-14T02:07:55Z
dc.date.issued2023-02-27
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3105
dc.description.abstractABSTRAK Fatia Khafifah, 1831811073.“Pengaruh Tingkat Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Fasilitas E-Channel Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Bontang”. Program Studi Perbankan Syariah. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penulisan Skripsi ini di bimbing oleh Dr. Mursyid, M. SI selaku pembimbing I dan Ahmad Syarif, S. E. I., M. Sc selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, yang dimana setiap kegiatan selalu mengutamakan kemudahan dan kepuasan pada bidang teknologi. Begitu juga dalam bidang perbankan yang tidak hanya fokus pada penghimpunan dan penyaluran dana, akan tetapi melakukan inovasi terbaru dibidang teknologi perbankan yaitu dengan adanya layanan elektronik channel atau e-channel. Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Bontang itu sendiri telah mencoba menawarkan suatu teknologi perbankan yang fleksibel, praktis, dan aman digunakan oleh nasabahnya. Layanan e-channel Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Bontang meliputi BSI Mobile, BSI Net Banking, BSI Notifikasi, BSI Call dan BSI ATM CRM. Hal ini tentu harus terus dikembangkan dan diperhatikan untuk memberikan kemudahan, kepercayaan, dan keamanan serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa kepada nasabah untuk melakukan kegiatan transaksi kapanpun dan dimanapun. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh tingkat kemudahan, kepercayaan, keamanan dan kualitas pelayanan fasilitas EChannel terhadap kepuasan nasabah bank syariah Indonesia (BSI) KCP Bontang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer atau data yang telah dikumpulkan secara langsung. Populasi pada penelitian ini sebesar 4.500 nasabah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden (hasil dari rumus slovin) dengan mengambil sampel secara Accidental sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis meliputi uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil uji t penelitian ini menunjukan bahwa variabel tingkat kemudahan, kepercayaan dan kualitas pelayanan fasilitas e-channel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Akan tetapi, variabel tingkat keamanan fasilitas echannel tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kemudian dari hasil uji F menunjukan bahwa terdapat pengaruh simultan antara variabel tingkat kemudahan, kepercayaan, keamanan dan kualitas pelayanan fasilitas e-channel terhadap variabel kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Bontang. Berdasarkan hasil penelitian ini maka bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Bontang perlu meningkatkan keamanan e-channel dengan melakukan penyempurnaan fitur dan melakukan penambahan fitur-fitur e-channel yang dapat mendukung proses transaksi e-channel sehingga nasabah merasa lebih aman.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectTingkat Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas, Pelayanan Fasilitas E-Channelen_US
dc.titlePengaruh Tingkat Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Fasilitas E-Channel Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Bontangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record