View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penerapan Metode Qira’ati terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca dan Ketepatan Penggunaan Hukum Bacaan (Gharib) dalam al-Qur’an Peserta Didik MTs Al-Azhar Samarinda

Thumbnail
View/Open
Sayyidah Mardhatillah.docx (15.52Kb)
Date
2023-05-19
Author
Mardhatillah, Sayyidah
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Sayyidah Mardhatillah, 2023. “Pengaruh Penerapan Metode Qira’ati terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca dan Ketepatan Penggunaan Hukum Bacaan (Gharib) dalam al-Qur’an Peserta Didik MTs Al-Azhar Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M. SI dan Imroh Atul Musfiroh, M. Pd. I. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik terbagi menjadi beberapa bagian ada yang telah belajar membaca al-Qur’an dan ada juga yang belum pernah belajar membaca al-Qur’an. MTs Al-Azhar Samarinda memiliki keinginan untuk mencetak generasi Qur’ani sehingga diadakannya muatan lokal yakni pembelajaran membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Qira’ati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan Metode Qira’ati terhadap peningkatan kemampuan membaca peserta didik, berapa besar pengaruh penerapan Metode Qira’ati terhadap ketepatan penggunaan hukum bacaan (Gharib) peserta didik, dan berapa besar secara bersama-sama penerapan Metode Qira’ati mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca dan ketepatan penggunaan hukum bacaan (Gharib) peserta didik di MTs Al-Azhar Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini peneliti mengkaji pengaruh penggunaan metode Qira’ati terhadap peningkatan kemampuan membaca dan ketepatan penggunaan hukum bacaan (Gharib) dalam Al-Qur’an peserta didik yang bersekolah di MTs Al-Azhar Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 330 orang sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 33 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun Uji yang dilakukan yaitu Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas Residual, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Analisis Korelasi, Uji Z, dan Koefisien Determinasi. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pengaruh penerapan Metode Qira’ati terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di MTs Al-Azhar Samarinda sebesar 89%, sedangkan sisanya yaitu 11% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Adapun pengaruh penerapan Metode Qira’ati terhadap ketepatan penggunaan hukum bacaan (Gharib) peserta didik di MTs AlAzhar Samarinda sebesar 37%, sedangkan sisanya yaitu 63% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dan secara bersama-sama penerapan Metode Qira’ati mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca dan ketepatan penggunaan hokum bacaan (Gharib) dalam al-Qur’an peserta didik di MTs Al-Azhar Samarinda sebesar 63%, sedangkan sisanya yaitu 37% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3119
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV