Show simple item record

dc.contributor.authorMardhatillah, Sayyidah
dc.date.accessioned2023-06-20T01:54:09Z
dc.date.available2023-06-20T01:54:09Z
dc.date.issued2023-05-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3119
dc.description.abstractABSTRAK Sayyidah Mardhatillah, 2023. “Pengaruh Penerapan Metode Qira’ati terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca dan Ketepatan Penggunaan Hukum Bacaan (Gharib) dalam al-Qur’an Peserta Didik MTs Al-Azhar Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M. SI dan Imroh Atul Musfiroh, M. Pd. I. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik terbagi menjadi beberapa bagian ada yang telah belajar membaca al-Qur’an dan ada juga yang belum pernah belajar membaca al-Qur’an. MTs Al-Azhar Samarinda memiliki keinginan untuk mencetak generasi Qur’ani sehingga diadakannya muatan lokal yakni pembelajaran membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Qira’ati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan Metode Qira’ati terhadap peningkatan kemampuan membaca peserta didik, berapa besar pengaruh penerapan Metode Qira’ati terhadap ketepatan penggunaan hukum bacaan (Gharib) peserta didik, dan berapa besar secara bersama-sama penerapan Metode Qira’ati mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca dan ketepatan penggunaan hukum bacaan (Gharib) peserta didik di MTs Al-Azhar Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini peneliti mengkaji pengaruh penggunaan metode Qira’ati terhadap peningkatan kemampuan membaca dan ketepatan penggunaan hukum bacaan (Gharib) dalam Al-Qur’an peserta didik yang bersekolah di MTs Al-Azhar Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 330 orang sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 33 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun Uji yang dilakukan yaitu Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas Residual, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Analisis Korelasi, Uji Z, dan Koefisien Determinasi. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pengaruh penerapan Metode Qira’ati terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di MTs Al-Azhar Samarinda sebesar 89%, sedangkan sisanya yaitu 11% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Adapun pengaruh penerapan Metode Qira’ati terhadap ketepatan penggunaan hukum bacaan (Gharib) peserta didik di MTs AlAzhar Samarinda sebesar 37%, sedangkan sisanya yaitu 63% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dan secara bersama-sama penerapan Metode Qira’ati mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca dan ketepatan penggunaan hokum bacaan (Gharib) dalam al-Qur’an peserta didik di MTs Al-Azhar Samarinda sebesar 63%, sedangkan sisanya yaitu 37% dipengaruhi oleh faktor lainnya.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode Qira’ati, Kemampuan Membaca dan Ketepatan, Penggunaan Hukum Bacaan (Gharib)en_US
dc.titlePengaruh Penerapan Metode Qira’ati terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca dan Ketepatan Penggunaan Hukum Bacaan (Gharib) dalam al-Qur’an Peserta Didik MTs Al-Azhar Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record