Show simple item record

dc.contributor.authorSalsabila, Dewi
dc.date.accessioned2023-07-14T03:12:19Z
dc.date.available2023-07-14T03:12:19Z
dc.date.issued2023-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3199
dc.description.abstractABSTRAK Dewi Salsabila, 2023. Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah menjadi PT. Bank Syariah Indonesia terhadap Switching Behavior Nasabah (Studi padaMahasiswa di Kota Samarinda). Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dedy Mainata, S.E., M.Ag dan Ibu YovandaNoni, S.E., M.E Perilaku nasabah terhadap bank seringkali berubah-ubah, sejalan dengankarakter yang dimiliki oleh seorang nasabah. Salah satu bentuk perilaku nasabahterhadap bank adalah switching behavior. Switching behavior dapat terjadi dalamdunia perbankan ketika seorang nasabah memutuskan untuk beralih dari salah satu bank ke bank lainnya dengan berbagai alasan. Berita mengenai merger banksyariah yang beredar di masyarakat dapat memicu perilaku switching behaviornasabah di luar pengguna bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merger PT. Bank Syariah Indonesia terhadap switching behaviornasabah pada mahasiswa di Kota Samarinda dengan menggunakan variable promosi, informasi, dan persepsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Menjadikan mahasiswa perguruan tinggi negeri Samarinda sebagai populasi dalam penelitian ini dengan jumlah 49.155 orang. Adapun sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang yang diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, serta Skala Likert sebagai skala pengukurannya. Teknik analisis data meliputi uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan analisis linier berganda. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa, promosi merger Bank Syariah Indonesia berpengaruh secara signifikan terhadap switching behavior nasabah dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Informasi merger Bank Syariah Indonesia tidakberpengaruh secara signifikan terhadap switching behavior nasabah dengannilai sig. 0,860 > 0,05. Persepsi merger Bank Syariah Indonesia berpengaruh secarasignifikan terhadap switching behavior nasabah dengan nilai sig. 0,002 <0,05. Demikian dengan promosi, informasi, dan persepsi merger Bank Syariah Indonesia memiliki pengaruh secara simultan terhadap switching behavior nasabah. Kata Kunci: Merger, Switching Behavior, Promosi, Informasi, Persepsien_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMerger, Switching Behavior, Promosi, Informasi, Persepsien_US
dc.titlePengaruh Merger Tiga Bank Syariah menjadi PT. Bank Syariah Indonesia terhadap Switching Behavior Nasabah (Studi padaMahasiswa di Kota Samarinda).en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record