Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Dwi
dc.date.accessioned2023-07-18T07:30:01Z
dc.date.available2023-07-18T07:30:01Z
dc.date.issued2023-06-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3209
dc.description.abstractABSTRAK Dwi Wulandari, 2023. “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Nasabah Setor Tunai (Studi Bank Syariah Indonesia Di Kabupaten Kutai Kartanegara)”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Falkultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si dan Bapak Anwaril Hamidy, M.Pd. Bank Syariah merupakan lembaga intermediasi yang berfungsi mengimpun dana dan menyalurkan dana berdasarkan prinsip syariah. Bank Syariah sebagai lembaga intermediasi harus mampu mengoptimalkan dalam proses penghimpunan dana, karena jika penghimpunan dana terganggu akan mengakibatkan penyaluran dana pun terganggu. Oleh karena itu bank syariah telah melakukan inovasi teknologi guna meningkatkan kualitas layanan yang terbaik berupa kemudahan dalam transaksi setor tunai yang dapat dilakukan dengan 2 layanan, yaitu melalui Teller dengan pengisian formulir secara digital dan melalui ATM Cash Recycle Machine (ATM CRM) dikenal juga sebagai ATM Setor Tarik Tunai. Dalam memilih layanan setor tunai nasabah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang akan menjadi preferensi nasabah setor tunai. Beberapa faktor preferensi nasabah setor tunai yang dibahas dalam penelitian ini adalah persepsi kemudahan, persepsi risiko dan literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi nasabah setor tunai dan mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi risiko dan literasi digital terhadap preferensi nasabah setor tunai secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah nasabah BSI di Kabupaten Kutai Kartanegara sekitar 9.000 orang. Berdasarkan rumus Slovin diperoleh sampel yang digunakan sebanyak 99 orang, teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert dan skala nominal. Data dianalisis menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa preferensi nasabah setor tunai pada BSI di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah lebih memilih menggunakan ATM setor tarik tunai (ATM CRM) daripada teller, persepsi kemudahan dan persepsi risiko secara parsial berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah setor tunai, sedangkan literasi digital secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah setor tunai. Dan persepsi kemudahan, persepsi risiko dan literasi digital secara simultan terhadap preferensi nasabah setor tunai. Kata Kunci: Preferensi setor tunai (Teller/ATM CRM), Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Literasi Digital.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPreferensi setor tunai (Teller/ATM CRM), Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Literasi Digital.en_US
dc.titlePengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Nasabah Setor Tunai (Studi Bank Syariah Indonesia Di Kabupaten Kutai Kartanegara)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record