Pengaruh Faktor Strategi Pemasaran terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi Jiwa Syariah pada PT. Asuransi Jiwa Sinar Mas MSIG Di Kalimantan Timur
Abstract
I’anatul Khotimah, 2022. “Pengaruh Faktor Strategi Pemasaran terhadap
Loyalitas Nasabah Asuransi Jiwa Syariah pada PT. Asuransi Jiwa Sinar Mas
MSIG Di Kalimantan Timur”. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji
Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr.
Mursalim, M.Ag sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. H. Moh. Mahrus, S.Ag.,
M.HI sebagai pembimbing II.
Pertumbuhan asset pada perusahaan yang tetap exis saat pandemi covid 19
maupun sebelum terjadinya pandemi ditunjukkan oleh perusahaan asuransi jiwa
syariah pada PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG di Kalimantan Timur, saat
terjadinya pandemi menjadi momentum bagi seseorang untuk memiliki proteksi
jiwa baik secara materi maupun non materi. Tujuan Penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh faktor strategi pemasaran dari setiap variabel dan bersamaan
semua variabel secara parsial terhadap loyalitas nasabah asuransi jiwa syariah
pada PT. Asuransi Jiwa Sinar Mas MSIG di Kalimantan Timur.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan deskritif kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini 83
responden dengan teknik random sampling. Alat analisis yang digunakan dalam
menghitung pengaruh yaitu regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji determinasi.
Perhitungannya adalah menggunakan alat bantu SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukan produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas nasabah asuransi jiwa syariah pada PT. Asuransi Jiwa Sinar
Mas MSIG di Kalimantan Timur dengan nilai 0,003 < 0,05 atau thitung 2,129 > ttabel
1,66, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan
nilai 0,005 < 0,05 atau thitung 1,730 > ttabel 1,66, tempat berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai 0,007 < 0,05 atau thitung 1,694 >
ttabel 1,66, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah
dengan nilai 0,001 < 0,05 atau thitung 2,101 > ttabel 1,66, orang berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai 0,006 < 0,05 atau
thitung 2,111 > ttabel 1,66, proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas nasabah dengan nilai 0,004 < 0,05 atau thitung 1,890 > ttabel 1,66,
lingkungan fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas
nasabah dengan nilai 0,002 < 0,05 atau thitung 1,882 > ttabel 1,66, religiusitas
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah asuransi jiwa
syariah dengan nilai 0,008 < 0,05 atau thitung 1,883 > ttabel 1,66. Produk, harga,
tempat, promosi, orang, proses, lingkungan fisik dan religiusitas berpengaruh
secara bersamaan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Fhitung sebesar 14.577
lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 2,134 dan nilai signifikan sebesar 0,009 lebih
kecil dari 0,05 yang artinya memiliki pengaruh postif dan signifikan. Dan besar
pengaruh setiap variabel sebesar 0,920 atau 92%