Show simple item record

dc.contributor.authorYanti, Aulia Rahma
dc.date.accessioned2023-08-09T00:53:40Z
dc.date.available2023-08-09T00:53:40Z
dc.date.issued2023-04-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3284
dc.description.abstractABSTRAK Aulia Rahma Yanti 2023. “Strategi Komunikasi Pemasaran Brand Skincare Mako By Seris dalam Meningkatkan Engagement melalui Media Sosial”. Skripsi Jurusan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluudin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti dibimbing oleh Dr. Ida Suryani Wijaya, M. Si selaku pembimbing I dan Siti Qomariah, M.Kom selaku pembimbing II. Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya penerapan strategi komunikasi pemasaran dalam menjalankan bisnis online melalui media social yang sedang marak saat ini. Salah satu perintis bisnis online di bidang kecantikan dan perawatan adalah brand skincare Mako by Seris asal kota Samarinda, Kalimantan Timur yang telah berdiri sejak 2018. Upaya yang dilakukan dalam bisnis online adalah membangun sebuah engagement atau keterikatan dengan konsumen sehingga konsumen menetapkan sebuah produk sebagai pilihan secara terus menerus. Maka dari itu strategi komunikasi pemasaran merupakan hal penting yang harus diketahui. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran brand Skincare Mako by di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah CEO Mako by Seris, Team brand Strategy, HRD Mako by Seris, Head Creator, Team Live Streaming, dan Customer Service dengan Teknik pengumpulan data berupa kegiatan wawancana, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penyajian data, peneliti menggunakan konsep komunikasi pemasaran Philip Kotler 4P yakni Product, Price, Place, and Promotion. Berdasarkan data dari hasil riset yang telah dilakukan peneliti sampai poin kesimpulan pada strategi pemasaran brand skincare Mako by Seris dalam meningkatkan engagement melalui media sosial TikTok bahwa dalam strategi komunikasinya, pada konten TikTok Mako by Seris memanfaatkan the golden time yakni tiga detik pertama dengan kalimat clickbait kemudian menggunakan strategi elemen komunikasi pemasaran soft selling dan hard selling dalam penyampaian informasi dengan kalimat yang terorganisir. Hasil dari total engagement yang diperoleh melalui konten video TikTok perminggunya adalah 0.65% dari hasil keseluruhan sampai saat ini adalah 2.55%. Angka ini masih dibawah standar rata-rata engagement pada taraf normalnya yakni 5.3%. Upaya yang dilakukan Mako by Seris dalam meningkatkannya adalah melakukan kegiatan live streaming dan upaya tersebut berhasil meningkatkan angka engagement sebesar 1.6% perminggunya.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKomunikasi Pemasaran Brand, Skincare , Engagement, Media Sosialen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Brand Skincare Mako By Seris dalam Meningkatkan Engagement melalui Media Sosialen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record