Upaya Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini di TK ABA Kota Samarinda Dan TK ABA Muara Jawa (Studi Multi Situs Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Samarinda dan Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Muara Jawa)
Abstract
ABSTRAK
Sri Wahyuni, 2018. Upaya Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini di TK ABA Kota Samarinda Dan TK ABA Muara Jawa (Studi Multi Situs Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Samarinda dan Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Muara Jawa). Tesis Magister Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negri Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd sebagai pembimbing I, dan Dr. Muhammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa Pendidikan karakter bagi anak adalah solusi yang mujarab dan dapat diharapkan akan mengubah perilaku negatif ke positif. Hal ini karena pendidikan karakter pada anak usia dini menjadi dasar terbentuknya sikap dan perilaku anak ketika dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan karakter apa saja yang dibentuk pada anak usia dini di TK ABA IV Kota Samarinda dan TK ABA Muara Jawa (2) Untuk menjelaskan bagaimana upaya pembentukan karakter pada anak usia dini di TK ABA IV Kota Samarinda dan TK ABA Muara Jawa dan (3) Untuk menjelaskan apa saja faktor penghambat dan pendukung upaya pembentukan karakter pada anak usia dini di TK ABA IV Kota Samarinda dan TK ABA Muara Jawa.
Penelitian dilakukan di dua tempat yaitu TK ABA IV Kota Samarinda dan TK ABA Muara Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada kepala sekolah, guru dan karyawan. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles-Huberman dengan langkah-langkah: 1) pengumpulan data 2) reduksi data 3) penyajian data serta 4) kesimpulan dan verifikasi
Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu: (1) Karakter yang dibentuk pada anak usia dini di TK ABA IV Kota Samarinda dan TK ABA Muara Jawa adalah melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan (2) Metode yang digunakan dalam upaya membentuk karakter anak usia dini di TK ABA IV Kota Samarinda dan TK ABA Muara Jawa yaitu dengan menggunakan metode bercerita/dongeng, bernyanyi, karya wisata, mengucapkan sajak, bermain peran, dialog, tanya jawab dan lain-lain. (3) Faktor penghambat berasal dari karakteristik anak yang berbeda-beda, karakter guru, pola asuh dan perhatian orang tua, lingkungan sosial anak dan kecanggihan teknologi, sedangkan faktor pendukungnya ialah profesionalisme guru dalam menghadapi anak serta terjalinnya hubungan antara guru dan orang tua murid dengan diadakannya kegiatan parenting oleh sekolah.