Strategi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini saat Pandemi di TK Alam Baiturrahman Kota Bontang
Abstract
Aisyah, 2019. “Strategi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini saat Pandemi di TK Alam Baiturrahman Kota Bontang”. Tesis. Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag, sebagai pembimbing I dan Dr. Umar Fauzan, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengembangan nilai karakter anak usia dini agar tetap dapat ditanamkan meskipun saat pandemi. Kemudian mengetahui strategi pengembangan nilai karakter melalui beragam kegiatan yang dilakukan saat pandemi. Dengan demikian nilai-nilai karakter anak usia dini akan tetap terbangun meskipun saat pandemi.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Alam Baiturrahman Kota Bontang. Sumber data dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif oleh Miles dan Huberman, terdiri dari: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi kredibilitas (triangulasi), transferabilitas (generalisasi), dependabilitas (indeks pengukur keakuratan), dan konfirmabilitas (kepastian terhadap objek penelitian).
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan melakukan ibadah pada nilai karakter religius; pembiasaan mengikuti aturan, disiplin, dan peduli lingkungan secara konsisten dan kontinyu pada nilai karakter nasionalisme; sikap rasa ingin tahu, tekun bekerja, kreativitas pada nilai karakter kemandirian; sikap peduli, menghargai karya diri dan orang lain pada nilai karakter gotong royong; kejujuran pada nilai karakter integritas. (2) Strategi pengembangan karakter anak usia dini melalui karakter religius mencintai alam dan pencipta; karakter nasionalisme olah fisik dan kunjungan; karakter kemandirian bermain dan belajar di alam; karakter gotong royong melalui literasi; karakter integritas memberikan penghargaan.