Show simple item record

dc.contributor.authorMonica, Elisa
dc.date.accessioned2023-09-11T01:37:27Z
dc.date.available2023-09-11T01:37:27Z
dc.date.issued2023-06-07
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3387
dc.description.abstractABSTRAK Elisa Monica, 1931811066. “Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Memilih Jasa Perbankan Syariah Pada Masyarakat Kota Samarinda”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Univeristas Islam Negeri (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M. Ag selaku pembimbing 1 dan Irma Yuliani, S. E., M.Si selaku pembimbing 2. Latar Belakang Perbankan Syariah adalah jenis bank yang produknya juga dikembangkan sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits, dan sistem operasinya tidak menggunakan suku bunga. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 yang diterbitkan pada tanggal 16 Juli 2008 memberikan landasan hukum bagi tumbuhnya perbankan syariah nasional dan mempercepat perluasannya. Perkembangan Bank Syariah saat ini dinilai sudah sangat pesat perkembangannya di Indonesia, persaingan dunia perbankan saat ini sangat ketat dan dalam situasi ini, para pelaku pasar perbankan harus bekerja keras untuk meningkatkan atau mempertahankan daya saing perbankan di era saat ini. Pada penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa masyarakat kota Samarinda memilih jasa perbankan syariah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial faktor emosional terhadap keputusan memilih jasaperbankan syariah pada masyarakat kota Samarinda, kedua untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial faktor rasional terhadap keputusan memilih jasa perbankan syariah pada masyarakat kota Samarinda, dan ketiga untuk mengetahui dan menganalisis secara simultan faktor emosional dan faktor rasional mempengaruhi keputusan memilih jasa perbankan syariah pada masyarakat kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Asosiatif. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat kota Samarinda dalam memilih jasa perbankan syariah dan metode pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 99 Responden. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran angket atau kuesioner kepada masyarakat kota Samarinda. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel factor emosional dan faktor rasional sebesar 0,847 atau 84,7%. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan memilih jasa perbankan syariah pada masyarakat kota Samarinda. Dan 12,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Faktor Emosional,Faktor Rasional,Jasa Perbankan Syariahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectFaktor Emosional,Faktor Rasional,Jasa Perbankan Syariahen_US
dc.titlePengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Memilih Jasa Perbankan Syariah Pada Masyarakat Kota Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record