View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pembelajaran Hafalan Surah Pendek di Sekolah Dasar Terpadu Madina Samarinda

Thumbnail
View/Open
DAISY LISTIANI.docx (29.58Kb)
Date
2019-05-11
Author
Daisy, Listiana
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Daisy Listiani, 2019. “Pembelajaran Hafalan Surah Pendek di Sekolah Dasar Terpadu Madina Samarinda”. Tesis Magister, Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Syeh Hawib Hamzah, S. Ag., M.Pdi selaku dosen pembimbing I dan Dr. Suratman, M. Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya sekolah-sekolah berbasis agama yang melaksanakan pembelajaran hafalan al Qur’an. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya orang tua yang berkeinginan agar anaknya dapat hafal al Qur’an. Pada sekolah-sekolah berbasis agama biasanya program menghafal al Qur’an dijadikan salah satu program unggulan bagi sekolahnya. Dalam melaksanakan program menghafal al Qur’an pada sekolah sudah dirancang secara sistematis dan mempunyai metode atau cara tersendiri dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran hafalan surah pendek di Sekolah Dasar Terpadu Madina Samarinda, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan hafalan surah pendek di Sekolah Dasar Terpadu Madina Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dangan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahapan, yaitu: yang pertama data yang diperoleh dari berbagai sumber mulai dari pengamatan, catatan lapangan dan wawancara diklasifikasikan sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Dalam penelitian ini digunakan analisis data model alir. Data yang telah diperoleh akan dikelompokkan kemudian data dianalisis dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran hafalan, meliputi: tujuan, materi, metode, media dan penilaian pembelajaran dilaksanakan dengan perencanaan dan persiapan yang baik. Adapun yang menjadi keunggulan dalam pembelajaran hafalan terdapat pada metode gerakan yang digunakan oleh pendidik. Faktor pendukung pembelajaran hafalan adalah memiliki jadwal yang cukup sering sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Faktor penghambat yang ada lebih ke daya tangkap anak yang berbeda-beda antara satu anak dengan anak lainnya dan perilaku anak yang masih suka bermain-main atau tidak sungguh-sungguh dalam menghafal.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/340
Collections
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [35]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV