Show simple item record

dc.contributor.authorMutmainah, Ana Sulton
dc.date.accessioned2023-10-19T01:10:16Z
dc.date.available2023-10-19T01:10:16Z
dc.date.issued2023-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3504
dc.description.abstractAna Sulton Mutmainah, 2023 “Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kecerdasan Spiritual di Taman Kanak-kanak Islam Kota Samarinda (TK Islamic Center, TK Islam Ar Rajwaa dan TK Islam Kreatif Salsabila)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag, sebagai pembimbing I dan Dr. Khojir, M.SI, sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari penanaman nilai-nilai spiritual hanya berpusat pada kegiatan keislaman saja, kenyataannya masih banyak sekali cara untuk mengajarkan anak dalam meningkatkan kecerdasan spiritualnya, salah satunya yaitu dengan pembelajaran sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat implementasi pembelajaran sains berbasis kecerdasan spiritual di TK Islam Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Phenomenology. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Milles, Huberman dan Saldana sebagai langkah awal yaitu melakukan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai pembuktiannya dan analisis lintas situs (analisis konstan komparatif) serta sebagai penguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil temuan dalam penelitian menggambarkan tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan jenis kemampuan sains berbasis kecerdasan spiritual di TK Islam Kota Samarinda. Pertama rencana pelaksanaan pembelajaran sains berbasis kecerdasan spiritual yaitu memuat tujuan mengetahui sains melalui eksperimen, mengetahui ciptaan Allah As-Syakur dan Allah Ar-Rahman, mengetahui perbuatan baik terhadap sesama mahluk hidup, kemudian penyediaan sumber bahan ajar yang digunakan guru sebagai pemantik dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual seperti air tanah dan benih lalu menyusun instrument penilaian. Kedua Pelaksanaan pembelajaran sains berbasis kecerdasan spiritual terlaksana dengan baik, Adapun bentuk pelaksanaannya seperti mengetahui proses menanam tumbuhan agar bisa menumbuhkan rasa syukur anak terhadap Allah Swt. dan guru menggunakan air tanah dan benih sebagai media pembelajaran sains dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual pada anak. Ketiga evaluasi, guru menyesuaikan kembali hasil penilian ceklis, anekdot dan foto berseri yang telah dinilai secara observasi langsung dalam pelaporan penilaian dan tindak lanjut komunikasi dengan anak maupun orang tua terkait kendala saat proses pembelajaran sains berlangsung. Keempat kemampuan sains menalar anak terlihat saat proses menanam tanaman bahwa Allah Al-Khalik yang maha menciptakan segala yang ada di alam ini, kemampuan mencoba menanam secara langsung dapat menumbuhkan rasa sabar dalam diri anak ketika menunggu hasil tanamannya tumbuh dengan subur dan kemampuan mengkomunikasikan saat anak menyampaikan ide dan gagasannya dari proses pembelajaran sains menanam dan mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah Swt.en_US
dc.publisherPIAUD Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kecerdasan Spiritual di Taman Kanak-kanak Islam Kota Samarinda : TK Islamic Center, TK Islam Ar Rajwaa dan TK Islam Kreatif Salsabilaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim2120300016


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record