Pengembangan Pembelajaran Literasi Finansial Untuk Membentuk Life skill Pada Anak Usia Dini
Abstract
Paujiah 2023. “Pengembangan Pembelajaran Literasi Finansial Untuk Membentuk Life skill Pada Anak Usia Dini”. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri SultanAji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof.Dr. Mukhamad Ilyasin, M.Pd, sebagai pebimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, SE., M.Pd, sebagai pembimbing II.
Latar belakang dari pembelajaran literasi finansial untuk anak usia dini adalah menyadari bahwa kemampuan mengelola keuangan secara bijaksana merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki sejak dini. Pembelajaran literasi keuangan pada anak usia dini didasarkan pada pemahaman bahwa pendidikan keuangan yang dimulai sejak dini memiliki dampak positif jangka panjang bagi perkembangan finansial anak. Melalui pembelajaran literasi keuangan pada usia dini, anak-anak akan memiliki pemahaman dasar yang kuat tentang keuangan, membangun keterampilan pengelolaan keuangan yang baik, serta menjadi individu yang lebih siap menghadapi tantangan keuangan di masa depan
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangan modul pembelajaran literasi finansial untuk meningkatkan life skill anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kota Samarinda. (2) Menguji kelayakan modul pembelajaran literasi finansial anak usia dini dalam membentuk life skill pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kota Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Terdapat 5 tahapan dalam pengembangan modul dengan pendekatan ADDIE, (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Pengembangan media yang pembelajaran yang dikembangkan adalah modul pembelajaran literasi finansial anak usia dini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan modul pembelajaran literasi finasial pada anak usia dini mampu meningkatkan life skill anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda. 2) Modul pembelajaran literasi finasial anak usia dini layak digunakan dalam pembelajaran literasi finansial pada anak usia dini. Modul pembelajaran literasi finasial anak usia dini ditujukan pada pendidik PAUD dan Lembaga PAUD sebagai referensi dalam memberikan pembelajaran literasi finansial pada anak usia dini. Setelah melakukan perancangan, modul pembelajaran literasi finansial di validasi oleh dua ahli sebagai validator bidang perkembangan anak usia dini dan validator bidang literasi finansial dengan skor 98% yang apabila dikonversikan dalam kualitatif maka produk sudah sangat baik. Kemudian produk dilakukan penerapan tahap satu yakni uji coba terbatas dan tahap 2 penerapan uji coba pemakaian dengan hasil akhir “Sangat Baik”.