Analisis Kurikulum PAUD Al-Qur’an Binaan Badan Koordinasi Pendidikan Al-Qur’an Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) Kota Balikpapan
Abstract
Merlina, 2023. “Analisis Kurikulum PAUD Al-Qur’an Binaan Badan Koordinasi Pendidikan Al-Qur’an Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) Kota Balikpapan”. Tesis. Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag. sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, S.E., M.Pd. sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena keberadaan PAUD Al-Qur’an BKPAKSI Kota Balikpapan menerapkan kurikulum berbasis Al-Qur’an. BKPAKSI Kota Balikpapan meski terbilang baru berdiri, akan tetapi sudah memiliki 55 unit binaan PAUD Al-Qur’an, serta mendapatkan respon positif dari masyarakat khususnya kota Balikpapan. Menggunakan Al-Qur’an dan hadis sebagai instrumen dasar pada kurikulum yang diterjemahkan kedalam program dan kegiatan belajar dengan metode kreatif kurikulum berbasis Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana perencanaan kurikulum PAUD Al-Qur’an BKPAKSI, pelaksanaan kurikulum PAUD Al-Qur’an BKPAKSI, serta evaluasi kurikulum PAUD Al-Qur’an BKPAKSI Kota Balikpapan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,dan dokumentasi, serta analisis data interaktif yang dikemukakan Milles Huberman dan Saldana, yang terdiri dari; pengumpulan data, kondensi data, penyajian data dan kesimpulan. Dengan narasumber pengurus inti PAUD Al-Qur’an BKPAKSI kota Balikpapan, kepala sekolah dan guru PAUD Al-Qur’an Al Kahfi, kepala sekolah dan guru PAUD Al-Qur’an Darul Hasanah, kepala sekolah dan guru PAUD Al-Qur’an Aisyiah Ahmad Dahlan Kota Balikpapan yang berjumlah 11 orang.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan; Pertama, perencanaan kurikulum yaitu melalui tahapan identifikasi nilai-nilai dan ajaran Al-Qur'an, menetapkan tujuan pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran, penyusunan rencana pembelajaran, penentuan metode pengajaran, penilaian pembelajaran, kontinuitas dan pengembangan. Kedua, pelaksanaan kurikulum menggunakan pendekatan yang sesuai dengan petunjuk teknis penyelenggaraan PAUD Al-Qur’an BKPAKSI yaitu: 1) pendekatan tadabbur Al-Qur'an; 2) pendekatan hafalan dan pembacaan Al-Qur'an; 3) pendekatan tarbiyah Islamiyah; 4) pendekatan pembelajaran tematik integratif; 5) pendekatan pendidikan karakter. Ketiga, evaluasi kurikulum PAUD Al-Qur’an ada 2 jenis yaitu evaluasi program dan pembelajaran, evaluasi program meliputi briefing, tinjauan dan observasi langsung, assesmen administrasi, sedangkan evaluasi pembelajaran meliputi hasil laporan perkembangan anak, anekdot, pengamatan langsung, portofolio, hasil karya, penugasan, dan unjuk kerja berbentuk kegiatan bercerita dan presentasi sederhana.