Pengembangan gerak dan lagu dalam menstimulasi keceerdasan kinestetik dan kemampuan bahasa Paser anak usia dini di Taman Kanak- kanak kecamatan Penajam
Abstract
Shinta Anggraini, 2023. “Pengembangan gerak dan lagu dalam menstimulasi keceerdasan kinestetik dan kemampuan bahasa Paser anak usia dini di Taman Kanak- kanak kecamatan Penajam ”. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Sy. Nurul Syobah, M.Si, sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, SE, M.Pd, sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pemindahan IKN (Ibu Kota Negara) di Kabupaten Penajam Paser Utara. Salah satu dampaknya dikhawatirkan mengakibatkan Bahasa Paser semakin memudar oleh karena itu perlu upaya untuk menjaga kearifan lokal, agar bahasa paser tidak punah. Kondisi faktual ditemukan masih minimnya kemampuan bahasa Paser pada anak usia dini serta mengingat pentingnya kecerdasan kinestetik bagi anak usia dini yang bisa mempengaruhi kecerdasan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk:1) Mendeskripsikan pelaksanaan gerak dan lagu pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kecamatan Penajam. 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung gerak dan lagu dalam menstimulasi kecerdasan kinestetik dan kemampuan bahasa Paser anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kecamatan Penajam. 3) Mendeskripsikan pengembangan gerak dan lagu dalam menstimulasi kecerdasan kinestetik dan kemampuan bahasa Paser anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kecamatan Penajam. Jenis penelitian ini adalah Model penelitian R and D (Research & Development). Adapun metodenya menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dan korelasi. Untuk melakukan uji coba produk Peneliti menggunakan lembar instrumen penelitian uji coba produk dengan menggunakan rumus presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan gerak dan lagu pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kecamatan Penajam secara garis besar masih menggunakan Bahasa Indonesia dan belum menggunakan aransemen musik. 2) Faktor pendukung dan penghambat gerak dan lagu dalam menstimulasi kecerdasan kinestetik dan kemampuan bahasa Paser anak usia dini terdiri dari: (a) Faktor pendukung: adanya ahli bahasa Paser di Kabupaten Penajam Paser Utara yang bisa membantu dalam proses penerjemahan kedalam bahasa Paser dan Perda Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara yang menginstruksikan setiap sekolah untuk melaksanakan muatan lokal, (b) Faktor penghambat : muatan lokal bahasa Paser yang belum dilaksanakan dijenjang Taman Kanak-kanak. 3) Pengembangan gerak dan lagu dalam menstimulasi kecerdasan kinestetik dan kemampuan bahasa Paser anak usia dini di Taman kanak- kanak kecamatan Penajam yaitu merupakan produk gerak dan lagu berupa video yang menggunakan aransemen music dan terjemahan.