Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Inzaki Imam Buhori. 2023. Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda. Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Irma Yuliani, SE., M.Si sebagai pembimbing 1 dan Bapak H. Yusran, M.Ag sebagai pembimbing 2.
Pertumbuhan dan perkembangan bank syariah dan juga bisnis syariah yang ada di Indonesia berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun. Dengan adanya perbankan syariah di Indonesia masyarakat memberikan tuntunan kepada pihak perbankan syariah agar menjalankan perbankan syariah dengan sistem sesuai dengan prinsip Islam yaitu terbebasnya dari riba. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa riba adalah suatu yang sangat dilarang oleh Allah SWT bagi umat manusia terutama umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas, kualitas layanan dan lokasi terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda, secara parsial dan simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Menjadikan nasabah Bank Syariah Indonesia KC Samarinda sebagai populasi dalam penelitian ini dengan jumlah 400.000 orang. Adapun sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang yang diperoleh melalui hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi, serta menggunakan Skala Likert sebagai skala pengukurannya. Teknik analisis data meliputi, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa, pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia dengan nilai t hitung 2.287 > 1,660 dan nilai sig 0,024 < 0,05. Religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia dengan nilai t hitung 2,269 > 1,660 dan nilai sig 0,026 < 0,05. Kualitas Layanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia dengan nilai t hitung 2,473 > 1,660 dan nilai sig 0,015 < 0,05. Lokasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia dengan nilai t hitung 1,460 < 1,660 dan nilai sig 0,148 > 0,05. Sedangkan pengetahuan, religiusitas, kualitas layanan dan lokasi memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda.
Kata Kunci: Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Layanan, Lokasi dan Keputusan Masyarakat