Pengelolaan Problematika Siswa Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) di MAN 2 Samarinda
Abstract
Pengelolaan problematika siswa Madrasah Aliyah Program Keagamaan di MAN
2 Samarinda dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu identifikasi masalah,
diagnosis masalah, menetapkan prognosis (solusi), pemberian bantuan (pelaksanaan
solusi) evaluasi (tindak lanjut). Adapun upaya penyelesaian dengan menggunakan
teknik penghindaran, bujukan dan paksaan serta penyelesaian masalah kolaborasi.
Adapun faktor pendukung pengelolaan problematika siswa bisa dilaksanakan
dengan baik yaitu karena beberapa faktor seperti nilai-nilai Islam yang sudah sangat
membudaya, memiliki program kegiatan keagamaan yang rutin, pemanfaatan
tekhnologi, mengadakan program kunjungan BK (Bimbingan Konseling) serta
keteladanan pemimpin. Kemudian faktor penghambatnya yaitu jika terjadi
miskomunikasi antara orang tua dan lembaga yang mengakibatkan kesulitan dalam
proses penyelesaian. Sehingga proses penyelesaian problem harus lebih cermat dan
hati-hati.