Implementasi Holistik Integratif Untuk Meningkatkan Kualitas PAUD di Kota Balikpapan
Abstract
Gusti Asiyani, 2023. “Implementasi Holistik Integratif Untuk Meningkatkan Kualitas PAUD di Kota Balikpapan”. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nur Kholik Afandi, M.Pd, sebagai pebimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, SE., M.Pd, sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan Holistik Integratif sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini sehingga memerlukan kebijakan-kebijakan yang relevan sesuai dengan anak usia dini. Tujuan pneelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta efektifitas pendidikan holistik integratif dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan datadalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program PAUD holistik integratif di Kota Balikpapan adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan empat esensial anak yang beragam secara utuh, meliputi kesehatan, gizi, pendidikan, dan lingkungan yang mendukung, untuk mendapatkan hasil yang signifikan maka diperlukan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan delapan standar pendidikan nasional anak usia dini Tujuan ini sejalan dengan tujuan umum program PAUD holistik integratif, yaitu memperluas dan meningkatkan akses dan mutu layanan PAUD bagi anak usia dini, serta memberikan perlindungan bagi anak usia dini. 2) Efektifitas program Holistik Integratif dalam meningkatkan kualitas PAUD di kota Balikpapan, dipengaruhi oleh keterlibatan, adaptasi, misi dan konsistensi dalam lingkup jangka panjang dan jangka pendek maka semua penunjang sangat penting demi terlaksananya implementasi pendidikan anak usia dini yang teritegrasi dengan semua aspek perkembangan anak dalam meningkatkan kualitas Paud.