Implementasi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak: Studi Multisitus pada TK Handayani dan TKIT Muslihah Kecamatan Penajam
Abstract
Tri Endah Puspitasari, 2023. “Implementasi Pembelajaran Project based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Handayani IV dan TKIT Muslihah”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Dr. Akhmad Muadin, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh urgensi dari penggunaan pembelajaran berbasis proyek dalam rangka mengatasi permasalahan kerenggangan hubungan antar peserta didik dan juga rendahnya sikap toleransi di kalangan peserta didik atau anak usia dini. Kerenggangan hubungan dan rendahnya sikap toleransi pada peserta didik dapat disebabkan oleh kemampuan interpersonal yang rendah dan dapat berpengaruh negatif terhadap sikap, perilaku, kemampuan bersosialisasi dan bekerjasama pada peserta didik, baik untuk saat ini maupun pada masa yang akan datang. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan tentang implementasi dari pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak usia dini yang dilakukan di TK Handayani IV dan TKIT Muslihah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenemenologi yaitu pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memahami dan menggambarkan pengalaman hidup manusia secara mendalam. Penelitian ini mengambil setting di TK Handayani IV dan TKIT Muslihah Penajam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif Milles Huberman dan Saldana dengan tahapan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahapan yang dilalui dalam implementasi pembelajaran PjBL (Project based learning) untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini yaitu: tahap pertama, dengan membuat perencanaan pembelajaran project based learning yang dilakukan dengan menentukan tujuan pembelajaran tujuan pembelajaran dan topik proyek yang akan dibuat, membuat desain proyek, menentukan peran guru dan peserta didik, menentukan evaluasi pembelajaran. Tahap kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran project based learning Tahap pelaksanaan pembelajaran project-based learning dilakukan dengan tiga tahapan atau alur yaitu, 1).Tahap permulaan dengan kegiatan pembacaan buku, menonton video, dan kunjungan, 2).Tahap Pengembangan, dukungan, fasilitas guru dan orang tua saat kegiatan, pertanyaan pemantik, 3). Tahap penyimpulan, refleksi anak, refleksi guru dan asessmen. Tahap ketiga, yaitu evaluasi setelah pembelajaran project based learning berlangsung yang dilakukan untuk mengukur kinerja dan capaian siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Evaluasi dilakukan dengan dua metode yakni evaluasi formatif yang dilakukan dengan mengamati partisipasi yang dilakukan oleh siswa dalam menjalankan project based learning. Metode evaluasi lainnya adalah evaluasi sumatif yang dilakukan dengan membuat evaluasi hasil pembelajaran project based learning, memberikan kuesioner dan melakukan wawancara kepada peserta didik.