dc.description.abstract | ABSTRAK
Nia Hamidah, 2023. Pengaruh Metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Keputusan Followers Instagram Bank Syariah Indonesia (BSI) Untuk Menjadi Nasabah BSI. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultasz Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Afitri, M.Ag., LLM., Ph.D., dan Anwaril Hamidy, M. Pd.
Persaingan antar bank syariah di Indonesia menuntut agar bank dapat selalu menciptakan inovasi-inovasi yang lebih menarik guna mendapatkan nasabah yang lebih banyak. Bagi sebuah bank, nasabah merupakan komponen yang penting dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menambah jumlah nasabah adalah melalui pemasaran dengan menggunakan media sosial instagram. Peneliti menduga Metode AIDA (attention, interest, desire, action) dapat menjadi salah satu metode yang efektif agar followers memutuskan untuk menjadi Nasabah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh metode AIDA (attention, interest, desire, action) terhadap keputusan followers instagram Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk menjadi Nasabah BSI baik secara masing-masing (parsial) maupun bersama-sama (simultan).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah akun aktif instagram yang mengikuti (follow) instagram Bank Syariah Indonesia dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi dari beberapa hasil penelitian terdahulu dan teknik angket melalui kuesioner yang disebar lewat DM (Direct Message) instagram dan WA (WhatsApp). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah daya tarik informasi yang ditampilkan dalam profil pada instagram Bank Syariah Indonesia (attention), kejelasan produk dalam konten-konten pada instagram Bank Syariah Indonesia (interest), promosi yang menunjukkan keunggulan produk pada instagram Bank Syariah Indonesia (desire), kesesuaian produk untuk mendorong menjadi Nasabah loyal pada instagram Bank Syariah Indonesia (action) berpengaruh signifikan terhadap keputusan followers instagram Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk menjadi Nasabah BSI baik secara parsial maupun simultan. Variabel attention (X1), interest (X2), desire (X3), action (X4) berpengaruh terhadap keputusan followers instagram Bank syariah Indonesia (BSI) untuk menjadi Nasabah BSI sebesar 78,5%, sedangkan sisanya 21,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Kata Kunci: Attention, Interest, Desire, Action dan Keputusan Followers Instagram Untuk Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia | en_US |