Show simple item record

dc.contributor.authorRamadany, Ema
dc.date.accessioned2023-11-28T05:39:39Z
dc.date.available2023-11-28T05:39:39Z
dc.date.issued2023-09-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3675
dc.description.abstractABSTRAK Ema Ramadany, 2023. “Analisis Strengh, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) dalam Penentuan Strategi Pemasaran Pada PT. BSI KC Samarinda Antasari”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati M.Hum dan Bapak Alias Candra, M.E.I. PT. BSI KC Samarinda Antasari merupakan cabang BSI yang ada di Kota Samarinda serta telah berdiri dari awal mergernya Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah, yang membuat eksistensi dari perusahaan tersebut perlu dipertahankan dan memanfaatkan kekuatan yang ada. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengangkat judul analisis strength, weakness, opportunity, threat (SWOT) dalam penentuan strategi pemasaran pada PT. Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di PT. BSI Kc Samarinda Antasari serta strategi apa yang digunakan perusahaan dalam pemasaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan penelitian kualitatif, yang mengambil tempat di PT. BSI KC Samarinda Antasari. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah branch manager, sales forces, dan 5 nasabah pada PT. BSI KC Samarinda Antasari. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari memiliki kekuatan (strenght) dalam penentuan strategi pemasaran yaitu berada ditempat yang strategis, memiliki citra yang baik di masyarakat, memiliki mushola terbesar dibandingkan cabang lainnya. Kelemahan (weakness) yaitu strategi menggunakan whatsapp blash masih menggunakan nomor pribadi karyawan, berada di daerah rawan banjir. Peluang (opportunity) yaitu kondisi persaingan antar perbankan serta cabang lainnya yang membuat BSI menjadi semakin kompetitif, mengatur kerjasama dengan berbagai pihak. Ancaman (threat) yaitu konsumen yang beralih ke perusahaan lain, berlokasi di daerah rawan banjir. PT. BSI KC Samarinda Antasari memiliki nilai total 3,07 pada faktor internal dan nilai total 3,24 pada faktor eksternal. PT. BSI KC Samarinda Antasari berada pada posisi sel I, yang dapat menggunakan strategi tumbuh dan bina, strategi-strategi yang cocok adalah strategi intensif seperti penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Kata Kunci : Perbankan Syariah, Analisis SWOT, Strategi Pemasaranen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPerbankan Syariah, Analisis SWOT, Strategi Pemasaranen_US
dc.titleAnalisis Strengh, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) dalam Penentuan Strategi Pemasaran Pada PT. BSI KC Samarinda Antasarien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record