View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak SMA Nabil Husein Samarinda

Thumbnail
View/Open
Adhi Saputra.docx (16.18Kb)
Date
2023-06-05
Author
Saputra, Adhi
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Adhi Saputra, 2023 “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak SMA Nabil Husein Samarinda” Skripsi Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Much. Eka Mahmud, M.Ag selaku pembimbing I dan ibu Amalia Nur Aini, M.Pd selaku pembimbing II. Model pembelajaran Teams games tournament memiliki esensi untuk menciptakan hasil belajar peserta didik agar dengan mudah menguasai materi pelajaran. Model pembelajaran ini di latar belakangi dengan permainan, kerja sama, berkelompok 4-5 orang dimana model ini dilakukan dengan berlomba-lomba mengumpulkan skor tertinggi, sehingga nantinya akam mendapatkan penghargaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak SMA Nabil Husein Samarinda”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode experimen dalam jenis quasi experiment non-valent control grup design. Adapun populasi sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI A sebagai kelas experiment sebanyak 17 peserta didik dan XI B sebagai kelas Kontrol sebanyak 32 peserta didik yang dilaksanakan di SMA Nabil Husein Samarinda. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi, kemudiam Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas setelah diketahui hasil uji tersebut dilakukan uji t untuk mengetahui apakah terdapata perbedaan semangat bekajar peserta didik menggunakan model pembelajaran teams games tournament dengan model konvensional. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya efektivitas model pembelajaran teams games tournament pada peningkatan semangat belajar berdasarkan uji Wilcoxon Signed Rank Test pada soal pre-test dan post-test terdapat hasil signifikasi 0,002 < 0,05 terdapat perbedaan pada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh hasil 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan terhadap kelas eksperimen dapat dilihat juga pada rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 73,75 menggunakan model teams games tournament. Maka dipastikan H0 ditolak dan Ha terima.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3684
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV