Show simple item record

dc.contributor.authorSaputra, Adhi
dc.date.accessioned2023-12-05T00:48:03Z
dc.date.available2023-12-05T00:48:03Z
dc.date.issued2023-06-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3684
dc.description.abstractABSTRAK Adhi Saputra, 2023 “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak SMA Nabil Husein Samarinda” Skripsi Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Much. Eka Mahmud, M.Ag selaku pembimbing I dan ibu Amalia Nur Aini, M.Pd selaku pembimbing II. Model pembelajaran Teams games tournament memiliki esensi untuk menciptakan hasil belajar peserta didik agar dengan mudah menguasai materi pelajaran. Model pembelajaran ini di latar belakangi dengan permainan, kerja sama, berkelompok 4-5 orang dimana model ini dilakukan dengan berlomba-lomba mengumpulkan skor tertinggi, sehingga nantinya akam mendapatkan penghargaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak SMA Nabil Husein Samarinda”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode experimen dalam jenis quasi experiment non-valent control grup design. Adapun populasi sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI A sebagai kelas experiment sebanyak 17 peserta didik dan XI B sebagai kelas Kontrol sebanyak 32 peserta didik yang dilaksanakan di SMA Nabil Husein Samarinda. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi, kemudiam Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas setelah diketahui hasil uji tersebut dilakukan uji t untuk mengetahui apakah terdapata perbedaan semangat bekajar peserta didik menggunakan model pembelajaran teams games tournament dengan model konvensional. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya efektivitas model pembelajaran teams games tournament pada peningkatan semangat belajar berdasarkan uji Wilcoxon Signed Rank Test pada soal pre-test dan post-test terdapat hasil signifikasi 0,002 < 0,05 terdapat perbedaan pada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh hasil 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan terhadap kelas eksperimen dapat dilihat juga pada rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 73,75 menggunakan model teams games tournament. Maka dipastikan H0 ditolak dan Ha terima.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Meningkatkan Hasil Belajaren_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak SMA Nabil Husein Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record