Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an
Abstract
Tingginya angka penyalahgunaan dan kejahatan siber merupakankonsekuensi digitalisasiperkembangan teknologi.Kondisi logisinimendasari penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui integrasisainsdan teknologidalam sistem pendidikan Islamdalam pandanganAl-Qur’an. Desain penelitian ini adalah literature review dengan menggunakan metodeanalisis konten. Pengumpulandata melalui studi kepustakaan denganmerujuk hasil penelitian terdahulu dari jurnal ilmiahterindek jurnalSinta. Dari data yang dikumpulkanlalu dianalisis dan disimpulkanberdasarkan karakteristik dan substansi isinya,selanjutnyadibuat simpulan umum berdasarkan pandangan penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan era danbudaya digital dalam pendidikan Islam telah dibarengi upaya penanamannilai-nilai Al-Qur’an melalui berbagaipendekatan seperti inovasi kurikulum, penguatankarakter, pembentukan lingkungan,dan keteladanan. Dengan demikiandisimpulkan bahwa penanaman nilai Al-Qur’antelah berjalan dan terimplementasi dengan baik dalam penyelenggaraan pendidikan Islam namunmasih perlu ditingkatkan melalui pengayaan literasi dan konten-kontendigital islami yang mudah diakses olehpendidik dan peserta didik.Kata Kunci: integrasi sains dan teknologi, sistem pendidikanislam, pandangan al-qur’an
Collections
- Program Doktor S3 [74]