dc.description.abstract | Kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh filosofi yang menjadi jalan hidupnya. Aliran filsafat
pendidikan juga berperan dalam kemajuan bangsa yang tercermin dalam filsafatnya, baik yang
bersumber dari ajaran agama maupun pemikiran-pemikiran para filosof yang telah muncul. Sebagai
filsafat filsafat, ideologi perenialisme memandang bahwa setiap nilai yang hidup pada masa lalu dapat
digunakan pada hari ini dan di sini, sehingga manusia harus terus menjaganya di era modern. Dalam
artikel ini penulis terikat dengan tujuan penulisan yaitu untuk mendeskripsikan konsep filsafat
perenialisme, filsafat perenialisme dalam pemikiran para filosof muslim dan pandangan filsafat
pendidikan Islam terhadap perenialisme. Metode dalam artikel ini adalah analisis deskriptif. Data yang
penulis dapatkan akan dianalisis dan diinterpretasikan untuk mendapatkan kesimpulan tentang
konsep filsafat perenialisme, filsafat perenialisme dalam pemikiran para filosof muslim dan pandangan
filsafat pendidikan Islam terhadap perenialisme. Penulis menemukan temuan bahwa beberapa filosof
Islam memiliki pendapat yang sejalan dengan filsafat perennialis. Para filosof ini memperkenalkan
beberapa pandangan yang berbeda dari pemikir lainnya seperti ishrâqi, irfâny, wahdatul wujûd dan
hikmah muta'âliyah. Kemajuan suatu bangsa banyak dipengaruhi oleh filsafat yang menjadi
pandangan.
Kata kunci: Perenialisme, dan Filsafat Pendidikan Islam | en_US |