Show simple item record

dc.contributor.authorAstutik, Ummi Puji
dc.date.accessioned2023-12-12T05:44:38Z
dc.date.available2023-12-12T05:44:38Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.issn2685-9300
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3734
dc.description.abstractKemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh filosofi yang menjadi jalan hidupnya. Aliran filsafat pendidikan juga berperan dalam kemajuan bangsa yang tercermin dalam filsafatnya, baik yang bersumber dari ajaran agama maupun pemikiran-pemikiran para filosof yang telah muncul. Sebagai filsafat filsafat, ideologi perenialisme memandang bahwa setiap nilai yang hidup pada masa lalu dapat digunakan pada hari ini dan di sini, sehingga manusia harus terus menjaganya di era modern. Dalam artikel ini penulis terikat dengan tujuan penulisan yaitu untuk mendeskripsikan konsep filsafat perenialisme, filsafat perenialisme dalam pemikiran para filosof muslim dan pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap perenialisme. Metode dalam artikel ini adalah analisis deskriptif. Data yang penulis dapatkan akan dianalisis dan diinterpretasikan untuk mendapatkan kesimpulan tentang konsep filsafat perenialisme, filsafat perenialisme dalam pemikiran para filosof muslim dan pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap perenialisme. Penulis menemukan temuan bahwa beberapa filosof Islam memiliki pendapat yang sejalan dengan filsafat perennialis. Para filosof ini memperkenalkan beberapa pandangan yang berbeda dari pemikir lainnya seperti ishrâqi, irfâny, wahdatul wujûd dan hikmah muta'âliyah. Kemajuan suatu bangsa banyak dipengaruhi oleh filsafat yang menjadi pandangan. Kata kunci: Perenialisme, dan Filsafat Pendidikan Islamen_US
dc.publisherJurnal Pendidikan dan Konseling Volume 5 Nomor 1 Tahun 2023 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusaen_US
dc.subjectFILSAFAT PENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.titlePerenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islamen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record