Show simple item record

dc.contributor.authorHadi, Nanang Faisol
dc.date.accessioned2023-12-12T07:03:39Z
dc.date.available2023-12-12T07:03:39Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.issn2776-5148
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3741
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi adanya peran Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di SMPN 27 Penajam Paser Utara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di SMPN 27 Penajam Paser Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, penyajiandata, dan verifikasi data. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Dan objek dari penelitian ini yaitu peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di SMPN 27 Penajam Paser Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di SMPN 27 Penajam Paser Utara antara lain, Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja, peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran, peran kepala sekolah dalam penciptaan guru profesional, peran kepala sekolah dalam menghadapi konflik di sekolah, peran kepala sekolah dalam pembinaan karakteristik guru. Adapun yang dilakukan guru untuk meningkatkan profesionalitasnya tentunya dengan dorongan dari kepala sekolah yaitu guru ikut serta dalam webinar, guru mengikuti PPG (pendidikan profesi guru), guru non PNS mendaftar PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), guru melakukan pembelajaran bersamasiswa sesuai dengan kreativitasnya, guru bersama wali murid saling berhubungan dengan harmonis guna kelancara pembelajaran daring, untuk mengembangkan inovasinya guru membuat kritik dan saran untuk guru yang diberikan kepada wali murid terkait pembelajaran daring. Kata Kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Guru, Profesional, Pandemi Covid-19.en_US
dc.publisherAlmufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE) Vol. 2, No. 2, Agustus 2022 Yayasan Almub, Acehen_US
dc.subjectADMINISTRASI PENDIDIKANen_US
dc.titlePeningkatan Profesionalisme Guru melalui Supervisi Kepala Sekolahen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record