Show simple item record

dc.contributor.authorHadi, Nanang Faisol
dc.date.accessioned2023-12-12T07:15:27Z
dc.date.available2023-12-12T07:15:27Z
dc.date.issued2022-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3742
dc.description.abstractPerkembangan dunia era industri 4.0 danera Society 5.0 memunculkan dampak yang positifdannegatifyangkemudianmemunculkantantanganbesarbagilembagapendidikan. UmatIslamduniahariiniberadapadatahapyangsangatrendahdiantara negara-negaralain. Dunia Islam tampakragu dan belummampu mengembangkankonsep-konsepilahiah pendidikan, lalu menuntut suatuperubahandenganmeninggalkansistemyangdimilikidan memilihsistempendidikanBarat.Pendekatanpenelitianyangdigunakanpenelitiandalamartikeliniadalahpendekatankualitatif.Sementaraitudatadikumpulkanmelaluimetode penelitian kepustakaan (libraryresearch).Hasil dari penelitian menunjukkan hakikat Pendidikan Agama Islam(PAI) ialah usahasadardan terencanauntukmewujudkanpembelajaranaktifguna mengembangkanpotensipeserta didik yang spiritualis,pengendaliandiri,kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia, serta terampil. LandasasanPendidikan terdiri dari Yuridis (hukum), religius,dansosio psikologis. PAI bertujuanuntukmenumbuhkandanmeningkatkankeimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik. Ia tidakhanyaberfokuspadasebuahmatapelajaranyangwajibdipelajarinamunjugabagaimanamateriPAI inimampumeresapdalamdiripesertadidikyangkemudiandiinternalisasikandalamkehidupansehari-hari.Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, pola pikir, karakteristiken_US
dc.publisherMAKTABAH BORNEO, Jurnal Pengembangan Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam VolumeI, Nomor 1, Juni 2022en_US
dc.subjectPENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.titlePola Pikir Dan Karakteristik Pendidikan Agama Islamdi Sekolahen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record