Show simple item record

dc.contributor.authorNasikin, Muhammad
dc.date.accessioned2023-12-13T00:58:55Z
dc.date.available2023-12-13T00:58:55Z
dc.date.issued2021-12
dc.identifier.issn2776-2815
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3748
dc.description.abstractAliran rekonstruksionisme adalah salah satu aliran dalam filsafat pendidikan yang berupaya merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern, serta berupaya mencari kesepakatan antar sesama manusia atau agar dapat mengatur tata kehidupan manusia dalam suatu tatanan dan seluruh lingkungannya.Perkembangan teknologi informasi saat ini merambah ke seluruh lapisan masyarakat termasuk dalam Pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam. Pada era revolusi industri 4.0 diperlukan tiga literasi yaitu literasi data, literasi manusia, dan literasi teknologi. Pembelajaran di era revolusi 4.0 dapat menerapkan hybrid/blended learning dan Case-base Learning. Bahkan pendidikan dalam era society 5.0, memungkinkan siswa dalam kegiatan pembelajaran berdampingan dengan robot yang sudah dirancang untuk menggantikan peran pendidik. Disrupsi dalam dunia pendidikan terutama pada pendidikanagama Islam tak terelakan. Tulisan ini mengkaji tentang rekonstruksi Pendidikan agama Islam dalam menyambut era society 5.0. Dengan demikian, para pegiat dan stakeholder pendidikan mendapat gambaran tentang urgensi hadirnya teknologi era society 5.0 dalam dunia Pendidikan Islam khususnya.Kata Kunci: Rekonstruksionisme, Society 5.0, Pendidikan Islamen_US
dc.publisherCross-border Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2021, page 706-722 IAIN Sambasen_US
dc.subjectPENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.titleRekonstruksi Pendidikan Islam Di Era Society 5.0en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record