Show simple item record

dc.contributor.authorRumainur, Rumainur
dc.date.accessioned2023-12-13T06:16:24Z
dc.date.available2023-12-13T06:16:24Z
dc.date.issued2021-05
dc.identifier.issn2775-6548
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3762
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), dan obyek penelitian adalah kitab Manhaj As-Sawi karya Habib Zain bin Smith dengan metode observasi kepustakaan dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Analisis konten sebagai metode analisisnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kitab Manhaj As-Sawi terdapat etika pendidik yang harus diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis penulis yang menemukan bahwa etika yang harus dimiliki pendidik yaitu; etika pendidik kepada diri sendiri (Zuhud dan Tawadhu), etika pendidik kepada peserta didik (adil atau Inshof, Berkata “La Adry” atau “Wallahu A’lam”, Berhati-hati dalam memberi fatwa, dan lemah lembut), etika pendidik kepada teman sejawat dan masyarakat (Meninggalkan perdebatan, dan Tidak bergaul dengan penguasa). Dari ketiga klasifikasi tersebut sangat relevan diterapkan pada pendidikan Islam masa sekarang.en_US
dc.publisherBorneo Journal of Islamic Education Volume I No.1, 2021en_US
dc.subjectPENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.titleEtika Pendidik dalam Pendidikan Islam (Analisis Kitab Manhaj As-Sawi Syarah Usul Thariqah As-Saadah Al-Ba’alawi Karya Habib Zain Bin Smith)en_US
dc.title.alternativehttps://doi.org/10.21093/bjie.v1i1.3146en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record