Penerapan Metode At-Tikroor Hattal Mutqin (Ahm) Untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa Kelas Ix-B Smpn 15 Samarinda
Abstract
Penerapan Metode At-Tikroor Hattal Mutqin (AHM) Untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa Kelas IX-A SMPN 15 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menghafal ayat-ayat tematik pada materi Pendidikan Agama Islam menggunakan Metode At-Tikroor Hattal Mutqin (AHM) di SMPN 15 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan diskusi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Penerapan Metode At-Tikroor Hattal Mutqin (AHM) dilakukan dalam 2 siklus (4 kali pertemuan) dengan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, kedua Penerapan Metode At-Tikroor Hattal Mutqin (AHM) dalam pembelajaran menghafal ayat-ayat tematik pada materi Pendidikan Agama Islam di SMPN 15 Samarinda sangat membantu dalam meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan siswa sesuai dengan makharijul huruf dan tajwid.
Collections
- Program Doktor S3 [74]