dc.description.abstract | Metode pendidikan adalah cara, teknik atau gaya yang dipergunakan pendidik di dalam
proses kegiatan pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran
atau kompetensi tertentu. Banyak ayat al-Qur’an memberikan gambaran tentang
metode-metode yang dapat dipergunakan dalam proses pendidikan. Dalam
mengembangkan konsep pendidikannya, Islam hendaklah merujuk pada al-Qur’an dan
Hadits, begitu juga dalam hal menentukan jenis metode yang dipergunakan pada proses
pembelajaran, sebagaimana yang telah dipraktikkan oleh Rasulullah Saw dalam
berdakwah dan mendidik umat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif
dengan kajian kepustakaan (ayat-ayat tematik). Penelitian ini bertujuan mengkaji dan
memahami beberapa pendekatan dan metode pendidikan dalam al-Qur’an. Hasil dari
kajian ini menunjukkan bahwa dalam al-Qur’an terdapat beberapa pendekatan dan
metode, diantaranya: pendekatan lemah lembut dan bermusyawarah (Ali ‘Imran: 59),
tabligh, keteladanan (al-Maidah: 67), al-hikmah, mau’izhah, mujadalah (an-Nahl 125),
perumpamaan, cerita (al-A’raf: 17), perumpamaan, perenungan (Ibrahim: 24-25). | en_US |