Show simple item record

dc.contributor.authorNur, Muhammad Hajirin
dc.date.accessioned2023-12-13T07:42:26Z
dc.date.available2023-12-13T07:42:26Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.issn2830-6848
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3779
dc.description.abstractMetode pendidikan adalah cara, teknik atau gaya yang dipergunakan pendidik di dalam proses kegiatan pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu. Banyak ayat al-Qur’an memberikan gambaran tentang metode-metode yang dapat dipergunakan dalam proses pendidikan. Dalam mengembangkan konsep pendidikannya, Islam hendaklah merujuk pada al-Qur’an dan Hadits, begitu juga dalam hal menentukan jenis metode yang dipergunakan pada proses pembelajaran, sebagaimana yang telah dipraktikkan oleh Rasulullah Saw dalam berdakwah dan mendidik umat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan kajian kepustakaan (ayat-ayat tematik). Penelitian ini bertujuan mengkaji dan memahami beberapa pendekatan dan metode pendidikan dalam al-Qur’an. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa dalam al-Qur’an terdapat beberapa pendekatan dan metode, diantaranya: pendekatan lemah lembut dan bermusyawarah (Ali ‘Imran: 59), tabligh, keteladanan (al-Maidah: 67), al-hikmah, mau’izhah, mujadalah (an-Nahl 125), perumpamaan, cerita (al-A’raf: 17), perumpamaan, perenungan (Ibrahim: 24-25).en_US
dc.publisherMAKTABAH BORNEO, Jurnal Pengembangan Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Volume I, Nomor 2, Desember 2022en_US
dc.subjectPENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.titleAl-Qur’an Dan Hadits Inspirasi Metode Pendidikan Islamen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record