Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Kemudahan, dan Promosi Terhadap Minat Menabung di PT. Bank Aladin Syariah, Tbk (Studi Kasus Generasi Z Kota Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Insyirah Nuril Azizah, 2023, “Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Kemudahan, dan Promosi Terhadap Minat Menabung di PT. Bank Aladin Syariah, Tbk (Studi Kasus Generasi Z Kota Samarinda)”, Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Fitria Rahmah, S.E.I., M.A. selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Hasbi, S.Hi., M.E.. selaku pembimbing II.
Latar belakang pada penelitian ini ialah dunia perbankan semakin mengalami kemajuan dan peningkatan khususnya pada perbankan syariah di mana setiap tahunnya mengalami perkembangan. Bank Syariah di Indonesia juga melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan daya saing, salah satunya yaitu PT. Bank Aladin Syariah, Tbk yang merupakan bank digital syariah pertama di Indonesia. Munculnya inovasi bank digital syariah diharapkan dapat menarik minat nasabah khususnya generasi Z. Melihat karakteristik generasi Z yang tidak dapat lepas dari kecanggihan internet dapat menjadi target pasar yang memumpuni untuk menarik minat banyak nasabah dari kaum muda menggunakan PT. Bank Aladin Syariah, Tbk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, persepsi kemudahan, dan promosi terhadap minat menabung di PT. Bank Aladin Syariah, Tbk dengan melibatkan generasi Z yang merupakan nasabah maupun calon nasabah Bank Aladin Syariah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM), uji analisis dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 4.
Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung generasi Z Kota Samarinda di PT. Bank Aladin Syariah, Tbk, sedangkan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung generasi Z Kota Samarinda di PT. Bank Aladin Syariah, Tbk.
Kata Kunci: Pengetahuan, Persepsi Kemudahan, Promosi, Minat Menabung