Show simple item record

dc.contributor.authorHendra, Debi
dc.date.accessioned2023-12-19T02:59:07Z
dc.date.available2023-12-19T02:59:07Z
dc.date.issued2023-10-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3799
dc.description.abstractABSTRAK Debi Hendra, 2023. "Komunikasi Positif Guru Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa SMA Negeri 1 Bongan". Skrpsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Abu bakar Idham Madani, M.Ag. dan Rini Fitriani Permatasari, S.Psi. M.A. Penelitan ini berlatar belakang karakter merupakan sesuatu yang penting bagi setiap insan. Tanpa karakter seseorang akan kehilangan genggaman dalam menentukan arah hidupnya. Di SMA Negeri 1 Bongan masih ada karakter siswa yang kurang baik, seperti sering bolos, terlambat, dan tidak melaksanakan sholat zuhur. Dalam hal ini, Guru Agama Islam sangat penting untuk mengarahkan parasiswa kepada hal-hal yang baik terutam yang bernilai keislaman. Dalam mengarahkan siswa tentunya seorang Guru Agama Islam harus memiliki kecakapan dalam berkomunikasi, agar apa yang disampaikan dan diberikan oleh guru bisa tersampaikan sesuai tujuan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dengan jenis ini bertujuan untuk mengeksplorasi sebuah fenomena secara mendalam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aspek Komunikasi Positif Guru Agama Islam yaitu meliputi: 1) Responsif, bentuk komunikasi positif responsive adalah guru agama Islam baik dalam menanggapi dan menjawab persoalan siswa baik di sekolah maupun diluar sekolah, 2) Optimistik, komunikasi positif guru agama Islam yang optimistik adalah komunikasi yang bertujuan untuk menciptakan sifat optimis dan pantang menyerah bagi siswa. 3) Tidak menghakimi, komunikasi positif tidak menghakimi yaitu aspek komunikasi yang lebih mengedepankan kebijaksanaan dalam menanggapi permasalahan siswa dan tidak langsung memarahinya. Faktor pendukung dari pembinaan karakter siswa di SMA Negeri 1 Bongan adalah latar belakang siswa yang memang rajin dalam beribadah dan lingkungan yang baik. Faktor penghambat pembinaan karakter siswa adalah siswa yang ketika dirumah tidak lanjutkan oleh orang tua komunikasi positif yang diberikan di sekolah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKomunikasi Positif, Guru Agama Islam, Karakter Siswaen_US
dc.titleKomunikasi Positif Guru Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa SMA Negeri 1 Bonganen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record