Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pemahaman Produk Terhadap Minat Santri untuk Menabung di Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja
Abstract
ABSTRAK
Topan Budiman, 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pemahaman Produk Terhadap Minat Santri untuk Menabung di Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja” skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati, S.E., M.Ei dan H. Yusrah, M.Ag.
Perkembangan bisnis di Indonesia menunjukkan persaingan ketat dan fokus pada peningkatan kinerja karyawan. Sumber daya manusia menjadi faktor kunci dalam mencapai keberhasilan perusahaan dengan memaksimalkan potensi dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. BMT perlu meningkatkan pemahaman produk dan jasanya untuk memengaruhi keputusan nasabah oleh sebab itu makan Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas pelayanan dan pemahaman produk terhadap minat santri untuk menabung di Baitul Mal Wa Tamwil Pondok Pesantren AlArsyadi Samboja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Penelitian ini menggunakan dua variabel X dan satu variabel Y yaitu kualitas pelayan (X1), pemahaman produk (X2), dan minat (Y). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 90 responden. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket sebanyak 15 butir pernyataan pada msing masing variabel. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari (uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), dan uji analisis regresi linear berganda yang terdiri dari (uji t, uji f dan uji koefisien determinasi.).
Hasil analisis regresi linear berganda menemukan bahwa kualitas pelayanan (signifikansi 0,01) dan pemahaman produk (signifikansi 0,001) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat santri. Secara bersama-sama, kualitas pelayanan dan pemahaman produk secara signifikan memengaruhi minat santri (signifikansi uji F 0,000). Sekitar 54,2% variasi dalam minat santri dapat dijelaskan oleh kedua faktor tersebut. Analisis ini, pada tingkat signifikansi 0,05, menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan pemahaman produk berpengaruh signifikan terhadap minat santri baik secara individu maupun bersama-sama.
Kata Kunci: Kualitas pelayan, Pemahaman produk minatsantri menabung, Baitul Mal Wa Tamwil (BMT)