Show simple item record

dc.contributor.authorMunawarroh, Munawarroh
dc.date.accessioned2024-01-15T01:36:38Z
dc.date.available2024-01-15T01:36:38Z
dc.date.issued2023-10-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3876
dc.description.abstractABSTRAK Munawarroh, 2023.” Strategi Pemasaran Pembiayaan Multiguna Pada Bank Mega Syariah Samarinda” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Shafa, S.Pd.I, M.Pd dan Muhammad Hasbi, M.E Latar belakang penelitian ini ialah di Indonesia perkembangan perbankan syariah semakin meningkat sehingga persaingan pasar yang sangat tajam. Terjadinya persaingan antar bank mengharuskan Bank Mega Syariah untuk berinovasi produk, seperti pembiayaan multiguna. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan multiguna dan Untuk mengetahui hambatan atau kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk pembiayaan multiguna di Bank Mega Syariah Cabang Samarinda. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu desktritif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah triangulasi dengan alur pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terhadap data yang diperoleh pada saat penelitian. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Bank Mega Syariah Cabang Samarinda berjalan dengan sangat baik dengan menerapkan metode marketing mix (bauran pemasaran) 4P yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Pertama Product (produk) yaitu fasilitas payroll atau pembayaran gaji karyawan dan modal usaha untuk memperbesar usaha seperti toko, dll. Kedua Price (harga) yaitu tidak menentukan harga dari pembiayaan multiguna tetapi menggunakan margin yang serendah mungkin agar nasabah tertarik melakukan pembiayaan tersebut. Ketiga Place (tempat/lokasi) yaitu lokasinya sudah sangat strategis sekali karena ditengah kota merupakan tempat yang ramai dan sebelum membangun suatu perusahaan sudah di survey dari kantor pusat. Keempat Promotion (promosi) yaitu dengan cara canvasing atau turun ke lapangan langsung door to door ke nasabah. Promosi dengan mengadakan event diluar seperti pameran atau expo. Kemudian hambatan dalam strategi pemasaran pembiayaan multiguna di Bank Mega Syariah Samarinda yaitu ketika promosi langsung ke nasabah sulit ditemui dan terkadang ditolak Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Pembiayaan Multigunaen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Pemasaran, Pembiayaan Multigunaen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Pembiayaan Multiguna Pada Bank Mega Syariah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record