Show simple item record

dc.contributor.authorHayatunnisa, Hayatunnisa
dc.date.accessioned2024-02-01T01:03:48Z
dc.date.available2024-02-01T01:03:48Z
dc.date.issued2023-10-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3976
dc.description.abstractABSTRAK Hayatunnisa, 2023, “Pengaruh Digitalisasi Perbankan Syariah Terhadap Penggunaan E-Commerce Terhadap Masyarakat Kota Samarinda Kalimantan Timur “. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Ibu Irma Yuliani, S. E. M. Si dan Bapak Yusran, M. Ag Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era teknologi yang semakin berkembang menciptakan masyarakat semakin bergantung pada penggunaan teknologi, termasuk perbankan syariah kearah yang lebih efisien dan modern. Inovasi teknologi yang efektif dan efisien dalam perbankan syariah yakni digitalisasi perbankan syariah dan e-commerce merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dalam bisnis ini menggunakan mekanisme tradisional dan digital. E-Commerce mengalami pengembangan yang pesat di indonesia karena beberapa faktor penetrasi smarthphone dan internet, konsumen hanya butuh beberapa waktu saja terhadap handphone atau komputer dan kemudia melakukan pembayaran seperti transfer melalui m-banking, SMS banking dan internet banking. Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh m-banking, SMS banking, dan internet banking, terhadap masyarakat kota samarinda dalam menggunakan ECommerce. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Populasi penelitian ini adalah masyarakat pada kota Samarinda yang berjumlah 850.717, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 100 masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner secara tidak langsung. Teknik uji coba instrumen yaitu dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas. Uji hipotesis data memakai uji korelasi produk moment, uji koefisien determinan dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji T variabel M-Banking, SMS Banking, Internet Banking, terhadap penggunaan E- Commerce menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 5,718 > nilai t tabel 1,985, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan E- Commerce pada Masyarakat Kalimantan Timur. Dalam penelitian ini diperoleh hasil yang memperlihatkan bahwa variable M-Banking, SMS Banking, dan Internet Banking secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan e-commerce (Y). Hal ini dapat dilihat pada hasil uji koefisien determinasi (R2) yang dinyatakan bahwa nilai Adjusd R Square sebesar 0,794 berarti M- Banking, SMS Banking, dan Internet Banking dapat mempengaruhi penggunaan e-commerce sebesar 79,4% Sedangkan 20,6% lagi dipengaruhi oleh variabel lain dari yang digunakan penelitian ini. Kata Kunci: Digitalisasi Perbankan Syariah, Penggunaan E-Commerceen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectDigitalisasi Perbankan Syariah, Penggunaan E-Commerceen_US
dc.titlePengaruh Digitalisasi Perbankan Syariah Terhadap Penggunaan E-Commerce Terhadap Masyarakat Kota Samarinda Kalimantan Timuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record