Pengaruh Fitur Layanan, Kepercayaan, dan Minat Terhadap Pengguna Produk E-Money Bank Syariah Indonesia (Studi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda).
Abstract
ABSTRAK
Linda, 2023. “Pengaruh Fitur Layanan, Kepercayaan, dan Minat Terhadap Pengguna Produk E-Money Bank Syariah Indonesia (Studi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda). Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Moh. Mahrus, S.Ag., M.H.I dan Bapak H. Yusran, M.Ag.
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah banyaknya perusahaan, perkantoran atau mall di Indonesia yang banyak menerima transaksi pembayaran dengan menggunakan sistem pembayaran non-tunai karena dinilai mudah, aman, cepat, nyaman dan efisien. Uang elektronik memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi, teknologi layanan e-money memberikan kemudahan yang menguntungkan pengguna melalui fitur-fitur yang disediakan. Bahkan membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan mata uang elektronik dan kemungkinan mewujudkan masyarakat non-tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel independen yaitu pengaruh karakteristik fitur layanan, kepercayaan dan minat pengguna produk uang elektronik Bank Syariah Indonesia sebagai variabel dependen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian menggunakan regresi linier berganda dan sumber data yang digunakan yaitu bersumber dari data primer dan diolah dengan menggunakan SPSS 22. Perolehan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan yang kemudian diisi oleh responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Fitur Layanan (X1) secara parsial memiliki nilai t-hitung 5.437 > t-tabel 1.985 maka dinyatakan berpengaruh terhadap pengguna produk e-money Bank Syariah Indonesia. Kepercayaan (X2) secara parsial memiliki nilai t-hitung 4.032 > t-tabel 1.985 maka dinyatakan berpengaruh terhadap pengguna produk e-money Bank Syariah Indonesia. Minat (X3) secara parsial memiliki nilai t-hitung 2.195 > t-tabel 1.985 maka dinyatakan berpengaruh terhadap pengguna produk e-money Bank Syariah Indonesia. Sedangkan secara simultan Fitur Layanan, Kepercayaan dan Minat memiliki nilai t-hitung sebesar 40.584 > t-tabel 2.70 maka dinyatakan berpengaruh terhadap pengguna produk e-money Bank Syariah Indonesia.
Kata kunci: Fitur layanan, Kepercayaan, Minat, Pengguna Produk E-money Bank Syariah Indonesia