Show simple item record

dc.contributor.advisorSasmita, Eksa
dc.date.accessioned2020-04-21T18:13:30Z
dc.date.available2020-04-21T18:13:30Z
dc.date.issued2019-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/400
dc.description.abstractABSTRAK Eksa Sasmita, 2019 “Pengembangan Bahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun dengan Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak/Pendidikan Anak Usia Dini Islam Kota Samarinda (Studi Multi Situs 4 TK/PAUD Islam)”. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Nasir, M. Ag selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Ity Rukiyah, M. Si selaku pembimbing II. Penelitian ini didasari oleh pentingnya mengembangkan bahasa reseptif dan ekspresif dimasa peka dan golden age. Bahasa dibutuhkan sebagai modal anak dalam berpartisipasi dan berkontribusi dengan lingkungan, melalui penerapan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini untuk : 1) mengetahui bagaimana guru membuat perencanaan pembelajaran pengembang an bahasa reseptif dan ekspresif anak usia 5-6 tahun dengan pendekatan saintifik, 2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pengembangan bahasa reseptif dan ekspresif dengan pendekatan saintifik, 3) mengetahui bagaimana penilaian pembelajaran di TK Islam Terpadu Bunga Harapan, PAUD Yaa Bunayya, TK Islam Al Hikmah, dan TK Al-Azhar 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mendeskripsikan temuan-temuan data dari narasumber yaitu kepala sekolah dan guru sentra/kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman disertai dengan tiga langkah berikut: mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain:1) perencanaan pembelajaran pengembangan bahasa reseptif dan ekspresif anak usia 5-6 tahun telah disusun oleh guru ke dalam tiga perencanaan yaitu program semester (prosem), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), dan rencana pelaksanaan harian (RPPH). Penyusunan rencana pembelajaran sesuai dengan program yayasan masing-masing lembaga dengan tetap mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional No.137 Tahun 2014 Tentang Standar PAUD, dan No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. 2) Pelaksanaan pembelajaran pengembangan bahasa reseptif dan ekspresif anak dengan pendekatan saintifik dilaksanakan dalam tiga kegiatan yaitu: kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada pelaksanaan pembelajaran ini guru mengimplementasikan pendekatan saintifik pada kegiatan pengembangan bahasa melalui 5 tahapan: mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. TK Islam Terpadu Bunga Harapan menerapkan pendekatan saintifik Islami seperti: menerangkan, eksplorasi, respons, pembiasaan, afirmasi, duniawi, dan ukhrowi. 3) Penilaian pembelajaran dibuat oleh guru dengan menyiapkan indikator yang sesuai dengan kegiatan pengembangan bahasa dengan teknik penilaian seperti melakukan percakapan, tanya jawab, penugasan, unjuk kerja dan hasil karya anak. Kata kunci : pengembangan, bahasa reseptif dan ekspresif, dan pendekatan saintifiken_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectpengembangan, bahasa reseptif dan ekspresif, dan pendekatan saintifiken_US
dc.titlePengembangan Bahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun dengan Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak/Pendidikan Anak Usia Dini Islam Kota Samarinda (Studi Multi Situs 4 TK/PAUD Islam)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record