The Effectiveness Analysis of Computational Thinking Patterns and Levels of Students’ Meta-Cognitive Awareness in Solving Learning Problems
Date
2023-12Author
Sudadi, Sudadi
Lolang, Enos
Ariawan, Joko
Kusnadi, Iwan Henri
Munir, Misbahul
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi keterampilan berpikir komputasi siswa dalam pemecahan masalah dalam kaitannya dengan tingkat kesadaran metakognisi mereka. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kualitatif. Partisipan dipilih dengan menggunakan purposive sampling, terdiri dari dua siswa dengan kesadaran metakognitif reflektif, dua siswa dengan kesadaran metakognitif strategis, dua siswa dengan kesadaran metakognitif aware, dan dua siswa dengan kesadaran metakognitif tacit. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara serta dianalisis berdasarkan indikator berpikir komputasional. Temuan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasi siswa yang menggunakan kesadaran metakognitif dalam pemecahan masalah adalah abstraksi, pengenalan pola, dan dekomposisi. Selain itu, siswa dengan kesadaran metakognitif strategis menunjukkan kemahiran dalam abstraksi dan pengenalan pola. Selain itu, siswa yang menggunakan kesadaran metakognisi melalui abstraksi atau dekomposisi menunjukkankemampuan berpikir komputasi saat memecahkan masalah. Namun, siswa dengan tacit metacognitive awareness tidak memenuhi indikator berpikir komputasi saat menyelesaikan masalah.Kata Kunci:Berpikir Komputasi, Kesadaran, Siswa, Komputasi
Collections
- Artikel Umum [155]