| dc.description.abstract | Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengkarakterisasi  keterampilan  berpikir  komputasi  siswa  dalam pemecahan  masalah  dalam  kaitannya  dengan  tingkat  kesadaran  metakognisi  mereka.  Penelitian  ini  bersifat deskriptif  dan  kualitatif.  Partisipan  dipilih  dengan  menggunakan  purposive  sampling,  terdiri  dari  dua  siswa dengan kesadaran  metakognitif reflektif, dua  siswa  dengan  kesadaran  metakognitif strategis, dua  siswa  dengan kesadaran metakognitif aware, dan dua siswa dengan kesadaran metakognitif tacit. Pengumpulan data dilakukan melalui  tes  tertulis  dan  wawancara  serta  dianalisis  berdasarkan  indikator  berpikir  komputasional.  Temuan menunjukkan  bahwa  kemampuan  berpikir  komputasi  siswa  yang  menggunakan  kesadaran  metakognitif  dalam pemecahan  masalah  adalah  abstraksi,  pengenalan  pola,  dan  dekomposisi.  Selain  itu,  siswa  dengan  kesadaran metakognitif  strategis  menunjukkan  kemahiran  dalam  abstraksi  dan  pengenalan  pola.  Selain  itu,  siswa  yang menggunakan  kesadaran  metakognisi  melalui  abstraksi  atau  dekomposisi  menunjukkankemampuan  berpikir komputasi  saat  memecahkan  masalah.  Namun,  siswa  dengan  tacit  metacognitive  awareness  tidak  memenuhi indikator berpikir komputasi saat menyelesaikan masalah.Kata Kunci:Berpikir Komputasi, Kesadaran, Siswa, Komputasi | en_US |