Show simple item record

dc.contributor.authorRumondor, Prasetio
dc.contributor.authorPranajaya, Syatria Adymas
dc.contributor.authorSudadi, Sudadi
dc.contributor.authorRumfot, Sumarni
dc.contributor.authorRofi’i, Agus
dc.date.accessioned2024-02-12T03:08:14Z
dc.date.available2024-02-12T03:08:14Z
dc.date.issued2023-08
dc.identifier.issn2654-5497
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4026
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan pola asuh terhadap kecerdasan adversitas. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang bersekolah di SMP dan SMA di Jakarta. Pengujian validitas konstruk dan analisis statistik Structural Equating Modeling (SEM) diperoleh modelfit pengaruh variabel kecerdasan emosional, pola asuh, dan demografi terhadap peran-pengaruh kecerdasan adversity-fit intelligence dengan data empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional mengevaluasi emosi orang lain; pola pengasuhan tidak terlibat; dan variabel demografi jenis kelamin dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan adversitas. Evaluasi terhadap emosi orang lain memiliki arah negatif terhadap kecerdasan adversitas. Artinya, evaluasi yang tinggi terhadap emosi orang lain berdampak pada rendahnya adversity quotient. Seperti halnya pola asuh yang tidak terlibat, jenis kelamin dan tingkat pendidikan memiliki arah hubungan yang positif.Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Pola Asuh, Kecerdasan Adversitasen_US
dc.publisherJournal on Education Volume 05, No. 04, Mei-Agustus 2023, pp. 16081-16087en_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.titleThe Analysis of Relationship Between Parenting Pattern, Demographic Variables, Adversity Intelligence and Emotional Intelligenceen_US
dc.title.alternativehttps://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2741en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record