Pengaruh Konten Dakwah dan Hiburan di Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSI Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Intan Lemindo Utorowati, 2023. “Pengaruh Konten Dakwah dan Hiburan di Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSI Samarinda”. Skripsi, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Usuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nur Kholik Affandi, M.Si dan A. Rivai Beta, M.Sos.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu mahasiswa telah masuk di era modern dimana pada masa kini seseorang tidak lepas dari smartphone, menjadikan kehidupan dunia maya begitu menyenangkan dibandingkan dunia nyata. Seiring berjalannya waktu, penggunaan media sosial inilah yang menjadi kebutuhan manusia, salah satunya adalah mahasiswa. Mahasiswa dapat menemukan banyak konten di media sosial seperti yang sekarang mulai menyebar dan banyak dicari ialah konten dakwah dan hiburan. Media social sebagai alat ukur untuk mendorong perilaku sosial seseorang, sebagaimana hasil dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Eribka Ruthellia yang membuktikan bahwa konten vlog di media sosial memberikan pengaruh terhadap pembentukan sikap. Sehingga tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa besar pengaruh konten dakwah dan hiburan terhadap perilaku sosial mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2020 UINSI Samarinda.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan Kemudian data yang dikumpulkan dari angket diakumulasikan dan dianalisis menggunakan rumus regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan dari perhitungan uji regresi linear berganda sebesar 43,306, yang berarti nilai perilaku sosial sebesar 043,306 dan untuk koefisien regresi berganda pada konten dakwah sebesar 0,309 dan konten hiburan sebesar 0,361, tanda positif artinya menunjukkan pengaruh yang searah antara variabel independent dan variabel dependen. Untuk nilai thitung pada nilai signifikansi sebesar 0,284 pada konten dakwah dan signifikansi sebesar 0,100 pada konten hiburan sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan konten dakwah dan hiburan terhadap perilaku sosial mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2020 UINSI Samarinda.
Kata kunci : Konten Dakwah, Konten Hiburan, Perilaku Sosial, Komunikasi dan Penyiaran Islam