Distance Learning from the Teachers’ Perspective and Students' Learning Experience Based on Self Confidence
Date
2023Author
Lubis, Fatimah Malini
Nofirman, Nofirman
Sudadi, Sudadi
Zuraida, Zuraida
Arief, Ilham
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dari sudut pandang guru dan pengalaman belajar matematika berdasarkan kepercayaan diri. Hasil penelitian terkait pembelajaran matematika jarak jauh dengan mengacu pada 4 aspek (strategi pembelajaran, model pedagogik, teknologi pembelajaran, dan penilaian) ditemukan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah membuat siswa aktif dengan melakukan tanya jawab selama video conference, pemberian reward dan punishment, dan penyampaian materi dibantu dengan media elektronik seperti PowerPoint, YouTube, dan video pembelajaran. Model pedagogik yang digunakan masih memberikan soal-soal pemecahan masalah yang juga diintegrasikan dengan pembelajaran kelompok dan pemanfaatan sumber belajar lainnya. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan aktivitas dan kecerdasan siswa yang dibantu dengan aplikasi Google Forms. Selain itu,ditemukan juga bahwa kepercayaan diri siswa berdampak pada sebagian besar indikator pengalaman belajar matematika jarak jauh, begitu pula sebaliknya.Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Pembelajaran Jarak Jauh, Guru, Siswa
Collections
- Artikel Umum [155]