Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Untuk Menggunakan Pembayaran Digital QRIS Bank Syariah Indonesia di Kota Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Nelly Nurul Maulida, 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Untuk Menggunakan Pembayaran Digital QRIS Bank Syariah Indonesia di Kota Samarinda.” Skripsi Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.SI sebagai pembimbing 1 dan Ibu Kokom Komariah, M.SI sebagai Pembimbing 2.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan perilaku nasabah di era sekarang yang sedang beralih melakukan aktivitas pembayaran non tunai sehingga membuat tingginya minat nasabah dalam menggunakan pembayaran berbasis digital khususnya QRIS Bank Syariah Indonesia. Ada berbagai faktor yang bias mempengaruhi minat nasabah untuk mau menggunakan QRIS, diantaranya ialah kemudahan, kemanfaatan, dan promosi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan secara parsial, pengaruh kemanfaatan secara parsial, dan pengaruh promosi secara parsial serta pengaruh kemudahan, kemanfaatan, dan promosi secara simultan dalam mempengaruhi minat nasabah untuk menggunakan pembayaran digital QRIS Bank Syariah Indonesia di kota Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yang digunakan adalah masyarakat kota Samarinda dengan menggunakan teknik purvosive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 29, langkah langkah yang digunakan untuk menganalisis data ialah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemudahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah untuk menggunakan pembayaran digital QRIS Bank Syariah Indonesia di Kota Samarinda dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Kemanfaatan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah untuk menggunakan pembayaran digital QRIS Bank Syariah Indonesia di Kota Samarinda dengan nilai sig 0,046 < 0,05. Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah untuk menggunakan pembayaran digital QRIS Bank Syariah Indonesia di Kota Samarinda dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Demikian juga dengan kemudahan, kemanfaatan dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan pembayaran digital QRIS Bank Syariah Indonesia di Kota Samarinda.
Kata Kunci: Kemudahan, Kemanfaatan, Promosi, dan Minat Nasabah