Show simple item record

dc.contributor.authorSilviyani, Silviyani
dc.date.accessioned2024-02-27T03:02:54Z
dc.date.available2024-02-27T03:02:54Z
dc.date.issued2023-08-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4089
dc.description.abstractABSTRAK Silviyani, 2023. “Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Fitur Layanan, dan Word of Mouth Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Layanan Digital Bank Syariah (Studi Mahasiswa di Kota Samarinda)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mursyid, S.Ag., MSI selaku dosen pembimbing 1 dan Ibu Yovanda Noni, S.E., M.E selaku dosen pembimbing 2. Pada saat ini transformasi digital di Indonesia telah merambah ke seluruh sektor industri termasuk industri perbankan yang menjadikan bank memasuki era perbankan digital. Sehingga layanan dari bank telah mengalami perubahan kepada layanan perbankan berbasis digital. Layanan digital perbankan merupakan layanan dengan menggunakan internet, telepon seluler, dan media elektronik lainnya sebagai saluran untuk melakukan layanan perbankan seperti pembukaan rekening, pengecekan saldo, melakukan transfer dana serta pembayaran tagihan tanpa harus mengunjungi bank. Pengembangan layanan digital yang baik akan mengundang minat masyarakat luas khususnya generasi Z untuk menggunakan produk dan jasa bank syariah. Kehadiran generasi Z dianggap sangat penting bagi digitalisasi perbankan syariah untuk menjadi target pasar yang menjanjikan sebab keseharian generasi Z tidak terlepas dari penggunaan internet yang mengakibatkan layanan digital perbankan menjadi pilihan yang sesuai dengan karakteristik generasi Z yang selalu ingin praktis dan efisien, oleh karena itu pihak bank harus mengetahui dan memahami faktor apa saja yang dapat meningkatkan minat generasi Z menggunakan layanan digital bank syariah. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, literasi digital, fitur layanan, dan word of mouth terhadap minat generasi Z dalam menggunakan layanan digital bank syariah (studi mahasiswa di kota Samarinda) baik secara parsial maupun secara simultan Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online melalui google form dengan menggunakan Skala Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 22. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu literasi keuangan secara parsial tidak berpengaruh signifikan sedangkan literasi digital, fitur layanan dan word of mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z dalam menggunakan layanan digital bank syariah. Adapun literasi keuangan, literasi digital, fitur layanan dan word of mouth secara simultan berpengaruh terhadap minat generasi Z dalam menggunakan layanan digital bank syariah. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Literasi Digital, Fitur Layanan, Word of Mouth, Generasi Z, Layanan Digital Bank, dan Bank Syariahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectLiterasi Keuangan, Literasi Digital, Fitur Layanan, Word of Mouth, Generasi Z, Layanan Digital Bank, dan Bank Syariahen_US
dc.titlePengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Fitur Layanan, dan Word of Mouth Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Layanan Digital Bank Syariah (Studi Mahasiswa di Kota Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record