Show simple item record

dc.contributor.authorFahriah, Asfia Irvana
dc.date.accessioned2024-02-27T06:43:09Z
dc.date.available2024-02-27T06:43:09Z
dc.date.issued2023-10-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4093
dc.description.abstractABSTRAK Asfia Irvana Fahriah, 2023. “Analisis Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Pembiayaan Murabahah” (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Samarinda Antasari)” Skripsi, Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.SI dan Bapak Muhammad Hasbi, S.HI.,M.E. Latar belakang penelitian ini yaitu di Indonesia perkembangan perbankan syariah semakin meningkat, hal ini menyebabkan persaingan pasar yang sangat tajam. Terjadinya persaingan antar bank menumbuhkan keharusan Bank Syariah Indonesia untuk berinovasi produk, seperti pembiayaan murabahah. Hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan menentukan segmentasi pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi segmentasi pasar yang diterapkan dalam meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan akad murabahah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Samarinda Antasari dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi serta solusinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) kualitatif. Data yang dibutuhkan adalah hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai Operational and Service dan pegawai Consumer Banking Relationship Manager. Data-data yang diperoleh kemudian penulis analisis dengan mengaitkan antara strategi segmentasi pasar dengan konsep teori yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh BSI KC Samarinda Antasari untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah yaitu dengan menentukan karakteristik konsumen dari segmentasi berdasarkan geografik, demografik dan psikografik kemudian memusatkan pemasarannya kepada para pegawai. Sedangkan kendala yang dihadapi karena adanya faktor eksternal seperti persaingan antar bank terkait price dan adapun dari internal seperti produk yang dimiliki BSI KC Samarinda Antasari belum bisa memenuhi harapan masyarakat, solusi yang diusahakan oleh pihak bank yaitu di saat-saat tertentu ada penurunan price tetapi segmentasinya terbatas serta mencoba pendekatan ke nasabah yang sudah menjadi nasabah dengan menjalin silaturahmi dengan menawarkan program-progman lain. Kata Kunci: Segmentasi pasar, Pembiayaan Murabahahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectSegmentasi pasar, Pembiayaan Murabahahen_US
dc.titleAnalisis Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Pembiayaan Murabahah” (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Samarinda Antasari)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record