dc.description.abstract | ABSTRAK
Miftahul Jannah, 2023. “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kepemilikan Emas pada PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Syariah Samarinda. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Alfitri, M.Ag., LLM., Ph.D dan Muhammad Hasbi, S.HI., M.E.
Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan berinvestasi emas mengalami peningkatan dilihat dari harga emas yang meningkat dari tahun ke tahun, saat ini telah hadir lembaga keuangan yang meyediakan pembiayaan kepemilikan emas salah satunya yaitu PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Syariah Samarinda. Namun, masih terdapat masyarakat yang kurang mengetahui dan kurang memahami mengenai produk pembiayaan kepemilikan emas.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Syariah Samarinda dalam memasarkan produk pembiayaan kepemilikan emas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara karyawan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Syariah Samarinda bagian Unit Pembiayaan Konsumer, lalu data atau informasi tersebut dipilih dan difokuskan pada hal yang dituju kemudian dilakukan penyajian data dengan menarik kesimpulan dari informasi yang didapat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh oleh PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Syariah Samarinda dominan menggunakan strategi Price (Harga), Promotion (Promosi), Process (Proses), dan Physical Evidence (Bukti Fisik). Bank menawarkan harga yang relatif murah, lalu mempromosikan produk ini dengan membagikan brosur juga menawarkan kepada nasabah secara langsung serta proses yang mudah dan cepat. Kedua, kendala-kendala yang dihadapi oleh oleh PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Syariah Samarinda dalam memasarkan produk yaitu kurang familiarnya produk pembiayaan kepemilkan emas, lalu kurangnya pemahaman masyarakat akan kelebihan investasi emas serta kurangnya minat terhadap pembiayaan kepemilikan emas. Ketiga, penerapan segmentation, market targeting dan marketing positioning oleh PT Bank Pembangunan Daerah Kaltim Kaltara Kantor Cabang Syariah Samarinda telah cukup terlaksana. Dalam segmentasi pasar yakni menyesuaikan dengan karakteristik, pendapatan serta kebutuhan dan keinginan dari nasabah. Adapun target pasar yaitu ingin menjangkau segala kalangan tanpa terkecuali. Kemudian dalam positioning memposisikan sebagai lembaga keuangan yang dapat memberikan solusi kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan pada produk dan jasa.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Kepemilikan emas, Bankaltimtara Syariah. | en_US |