Show simple item record

dc.contributor.authorHaliana, Haliana
dc.date.accessioned2024-03-01T01:24:50Z
dc.date.available2024-03-01T01:24:50Z
dc.date.issued2023-12-11
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4106
dc.description.abstractABSTRAK Haliana, 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Market Share Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2017-2022”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Penelitian ini dibimbing oleh Parno, S.E., M.S.I dan Dharma Yanti, S.E., M.Si Latar belakang penelitian ini yakni perkembangan market share perbankan syariah di Indonesia belum memenuhi target 15% sesuai ketentuan Bank Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, market share perbankan syariah tetap jauh lebih rendah dari target BI, dengan hanya sebesar 7,03% pada tahun 2022. Jika dilihat mayoritas penduduk Muslim Indonesia, perbankan syariah diprediksi memiliki market share yang lebih besar daripada bank konvensional, terlepas dari kondisi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi market share Bank Umum Syariah di Indonesia melalui pengaruh CAR, ROA, BOPO, NPF dan FDR terhadap market share Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2017-2022 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan tahunan yang diakses melalui website www.ojk.go.id. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 Bank Umum Syariah periode 2017-2022. Metode pengambilan sampel pada penelitian menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 11 Bank Umum Syariah periode 2017-2022. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan bantuan Eviews versi 12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CAR (Capital Adequacy Ratio) secara parsial berpengaruh terhadap market share. ROA (Return On Asset) secara parsial tidak berpengaruh terhadap market share. BOPO (Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional) secara parsial tidak berpengaruh terhadap market share. NPF (Non Performing Financing) secara parsial tidak berpengaruh terhadap market share. FDR (Financing to Deposit Ratio) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap market share. Sedangkan CAR, ROA,BOPO, NPF, FDR secara simultan berpengaruh terhadap market share. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai Adjusted R. Square (R2) mengindikasi bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi market share pada Bank Umum Syariah di Indonesia dipengaruhi oleh CAR, ROA, BOPO, NPF, dan FDR sebesar sebesar 63,2%. Sedangkan sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh faktor variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: CAR, ROA, BOPO, NPF, FDR, dan Market Shareen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectCAR, ROA, BOPO, NPF, FDR, dan Market Shareen_US
dc.titleFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Market Share Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2017-2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record